Jakarta – Mercedes-Benz S 600 Guard menjadi mobil kepresidenan Indonesia saat ini. Berikut spek calon mobil dinas Prabowo-Gibran saat dilantik jadi Presiden-Wakil Presiden.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024. Jika tidak ada perubahan, Prabowo-Gibran bakal dilantik jadi Presiden dan Wakil Presiden pada Oktober 2024. Sebagai kepala negara, tentu akan mendapat berbagai fasilitas yang disediakan negara, salah satunya adalah mobil dinas.

Saat ini, Presiden Joko Widodo menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard untuk mobilitas saat berdinas. Mercedes-Benz S 600 Guard yang tersebut telah menemani Jokowi bertugas sejak tahun 2019. Mobil itu menggantikan Mercedes-Benz S 600 Guard yang dibeli SBY pada tahun 2008 (tahun pembuatan 2005 dan 2009).

Kementerian Sekretariat Negara menyatakan mobil warisan SBY itu mayoritas sudah berusia lebih dari 10 tahun dan kinerjanya sudah tak optimal lagi. "Berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan, dan efisiensi atas biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian, perlu dilakukan penggantian," demikian pernyataan Kementerian Sekretariat Negara pada Agustus 2019.

Sebagai ganti, pemerintah menunjuk langsung Mercedes-Benz S 600 Guard anyar. Ada dua unit yang dijadikan kendaraan keras VVIP Kepresidenan. Mobil ini dipilih dengan alasan keamanan. Ya, Mercedes-Benz S 600 Guard memang kerap digunakan oleh para pemimpin negara berkat fitur keamanannya.

Spesifikasi Mercedes-Benz S 600 Guard Tunggangan Presiden dan Wakil Presiden RI Mengutip laman resmi Mercedes-Benz global, S 600 Guard tunggangan Jokowi memiliki performa yang cukup tinggi. Berbekal mesin bensin V12, mobil ini memiliki tenaga hingga 530 daya kuda. Torsi mesinnya mencapai 830 Nm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 7G-Tronic.

Kecepatan tertingginya dibatasi secara elektronik hingga 210 km/jam. Jika jalanan aman dari penjahat yang ingin mencelakai presiden, sopir bisa ngebut berkat mesin V12 berdaya 530 daya kuda yang dipasang di mobil. Mesin ini sanggup membawa mobil melaju sampai kecepatan maksimum 210 km per jam.

Yang pasti, sebagai mobil kepala negara, Mercedes-Benz S 600 Guard ini merupakan mobil antipeluru. Mobil S 600 Guard bisa melindungi penumpangnya yang duduk di jok belakang dari serangan senjata mesin M60. Kaca mobil S 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Kaca ini sangat berat sehingga butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini