Selama bulan puasa, pola tidur yang berubah dan tidak adanya asupan makan serta minuman selama berpuasa dapat menyebabkan kita merasa loyo dan mengantuk, terutama saat berkendara. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu kita tetap terjaga dan berkonsentrasi di jalan.

Istirahat yang Cukup

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan. Tidur minimal 7-8 jam per hari dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari rasa kantuk.

Hindari Berkendara Saat Tubuh Drop

Mengemudi di jam-jam dimana tubuh merasa paling lelah, seperti antara pukul 11.00 WIB hingga 15.00 WIB, dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena penurunan konsentrasi.

Lakukan Stretching

Melakukan gerakan-gerakan ringan seperti merenggangkan tangan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah menuju ke otak, sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi dan reflek saat berkendara menjadi lebih baik.

Perhatikan Asupan Gizi

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur seperti nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, serta menjaga asupan protein dan lemak akan membuat tubuh tidak mudah diserang rasa kantuk atau lemas selama berpuasa.

Jaga Hidrasi Tubuh

Minum cukup air putih dan mengonsumsi jus buah akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, kita dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara di bulan puasa. Tetap waspada dan selamat berkendara!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini