Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak dari kita yang akan mudik meninggalkan rumah untuk beberapa waktu. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah perlu mencabut aki motor saat kita mudik? Berikut adalah informasi terbaru yang saya dapatkan dari sumber terpercaya.

Menurut Reza Resdie dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), tidak perlu mencabut semua kabel aki motor. Cukup cabut kabel negatifnya saja untuk menjaga baterai dari pelepasan muatan listrik secara mandiri (self discharge). Pastikan juga sebelum mencabut, baterai dalam kondisi normal agar saat kembali tidak menemukan masalah dengan tegangan baterai.

Gofur, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, menambahkan bahwa jika mudik hanya satu atau dua minggu, tidak perlu mencabut aki. Namun, jika mudik sampai berbulan-bulan, sebaiknya aki dilepas untuk menghindari kerusakan.

Jadi, kesimpulannya adalah tergantung pada lamanya Anda mudik. Untuk waktu yang tidak terlalu lama, tidak perlu repot-repot mencabut aki. Namun untuk jangka waktu yang lebih lama, lebih baik amankan dengan mencabutnya. Selamat mudik dan semoga informasi ini bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini