JAKARTA – Dalam perkembangan terbaru industri otomotif, Honda EM1 e menjadi sorotan karena menerima subsidi sebesar Rp 7 juta. Keputusan ini diambil menyusul kebijakan pemerintah yang menetapkan kuota subsidi sepeda motor listrik tahun 2024 sebanyak 50.000 unit. Dengan adanya subsidi ini, harga Honda EM1 e kini menjadi Rp 33 jutaan.

Octavianus Dwi, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM), menyatakan bahwa perusahaan tidak menetapkan target penjualan khusus untuk model ini. "Kita ikuti permintaan konsumen saja, ya. Sebanyak mungkin kalau bisa," ujar Octa.

Subsidi yang diberikan diharapkan dapat membantu konsumen dengan membuat harga motor listrik menjadi lebih terjangkau. "Kalau begitu kita mau juga (diperpanjang), konsumen juga mau. Tapi tergantung pemerintah seperti apa kebijakannya, nanti kami ikuti," tambah Octa.

Menurut Octa, karakter pembeli motor listrik Honda EM1 e saat ini kebanyakan masih menjadikannya sebagai motor kedua. Meskipun ada yang menjadikannya sebagai motor utama, jumlahnya tidak banyak.

Tren ini sesuai dengan pola yang umum terjadi pada early adopter teknologi kendaraan listrik, di mana tidak semua konsumen berani mengambil langkah untuk langsung membeli kendaraan yang masih tergolong baru di pasaran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini