Susanto Cong, dikenal sebagai instalatur dengan ‘tangan dingin’ di bengkel spesialis audio mobil BestBuddyShop (BBS) yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara, kembali menorehkan prestasi membanggakan. Dalam kontes audio mobil Champions of Champion (COC) 2024 yang diselenggarakan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Afung—sapaan akrab Susanto—telah berhasil memboyong empat trofi dari kelas unlimited dan budget hingga Rp 300 juta.

Dari empat mobil yang diikutsertakan, Toyota Land Cruiser berhasil meraih juara kedua untuk kelas unlimited, sementara Lexus RX 300 meraih juara pertama untuk kelas budget hingga Rp 300 juta dan juga juara pertama untuk kelas unlimited. Honda Odyssey tidak ketinggalan dengan meraih juara ketiga untuk kelas budget hingga Rp 300 juta. Keberhasilan ini tidak lepas dari proses instalasi dan tuning yang dilakukan oleh Afung sendiri.

Pengalaman Afung dalam dunia kompetisi audio mobil tidak diragukan lagi. Sejak pertama kali mengikuti kompetisi COC pada tahun 2017 hingga 2019 dan kemudian pada tahun 2023, ia selalu berhasil meraih posisi champion. Hanya pada tahun 2022 ia harus puas dengan posisi runner up.

Menurut Afung, kunci sukses dalam instalasi audio mobil terletak pada placement dan positioning speaker yang harus seimbang dengan proses tuning dari prosesor. Hal ini sangat penting karena akan memengaruhi hasil suara terhadap ruang akustik dalam kabin mobil. Prosesor berperan penting dalam mengolah sinyal dan frekuensi suara sehingga dapat menciptakan kualitas suara yang presisi dan seakan-akan didengar langsung oleh pemusik.

Dukungan dari Wahyu Tanuwidjaja, CEO PT Audioworkshop juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan Afung. PT Audioworkshop mampu menyediakan komponen audio mobil high end seperti Alpine, Focal, hingga Audison yang sangat mendukung dalam menciptakan tonasi yang sempurna, tata panggung yang baik, serta clarity dari sistem audio mobil.

Kisah sukses Afung dalam kontes audio mobil ini menjadi inspirasi bagi para instalatur audio mobil lainnya untuk terus berinovasi dan menghasilkan kualitas suara terbaik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini