Kementerian Perhubungan Republik Indonesia kembali menyelenggarakan program Angkutan Mudik Gratis pada Lebaran tahun 2024. Program ini merupakan respons terhadap lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengajak masyarakat untuk bergabung dalam program ini. "Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis," ujar Adita di Jakarta.

Program ini tersedia melalui jalur darat, laut, dan kereta api. Untuk jalur darat, pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat mulai 5 Maret hingga 3 April 2024. Tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

Pada jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut mengadakan program dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor. Sedangkan di jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian menyediakan kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor.

Diharapkan dengan adanya program ini, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat ditekan sehingga angka kecelakaan turun dan kepadatan di jalan berkurang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini