PT PAL Indonesia telah resmi mendapatkan kontrak dari Kementerian Pertahanan untuk membangun dua unit kapal selam Scorpene dengan teknologi canggih dari Prancis. Kesepakatan ini merupakan hasil dari kerja sama strategis antara Indonesia dan Prancis yang telah ditandatangani pada Agustus 2021 dan diperkuat melalui Perjanjian Kemitraan Strategis pada Februari 2022.

Kapal selam Scorpene Evolved Full LiB yang akan dibangun di galangan kapal PT PAL ini akan dilengkapi dengan baterai Lithium-Ion (LiB) dan diharapkan dapat memperkuat kemampuan TNI Angkatan Laut dalam mencapai keunggulan regional di laut. Selain itu, kerja sama ini juga melibatkan transfer pengetahuan dan teknologi dari Naval Group, yang akan mendukung kemandirian industri pertahanan Indonesia.

Pierre Éric Pommellet, Ketua dan CEO Naval Group, menyatakan kehormatannya bisa menjadi bagian dari aliansi strategis ini. Sementara itu, Kaharuddin Djenod, Presiden Direktur PT PAL, menekankan komitmen pemerintah Indonesia dalam mewujudkan kemandirian industri pertahanan dan kemampuan engineer anak bangsa dalam memajukan teknologi kapal selam.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan Indonesia tidak hanya akan memiliki kapal selam dengan performa tinggi yang telah teruji di laut, tetapi juga mampu menguasai teknologi kapal selam untuk mendukung masa depan peperangan laut di tanah air.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini