Mengemudi mobil matik saat mudik memang menawarkan kenyamanan, terutama saat melewati tanjakan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memastikan perjalanan Anda aman dan lancar:

  • Gunakan Gigi Rendah: Saat mendekati tanjakan, pindahkan tuas transmisi dari ‘D’ ke posisi ‘L’ atau gigi rendah lainnya. Ini akan memberikan torsi yang lebih besar dan mencegah mobil meluncur ke belakang.
  • Jangan Panik: Jika Anda berhenti di tanjakan, gunakan rem tangan untuk mencegah mobil mundur. Pastikan juga untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda.
  • Momentum adalah Kunci: Sebelum mencapai tanjakan, pastikan Anda memiliki momentum yang cukup. Ini bisa dilakukan dengan menjaga jarak yang cukup dari kendaraan di depan sehingga Anda tidak perlu mengurangi kecepatan secara drastis.
  • Manfaatkan Fitur Mobil Anda: Jika mobil Anda memiliki fitur mode manual atau tiptronic, gunakan itu untuk mengatur percepatan gigi secara manual pada gigi rendah.

Dengan mempersiapkan diri dan mobil Anda, serta mengikuti tips ini, Anda bisa lebih percaya diri saat melewati tanjakan dengan mobil matik saat mudik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini