Ketika Anda berada di jalan tol dan menjumpai skema contraflow, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan keselamatan Anda dan pengguna jalan lain. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda melewati contraflow dengan aman tanpa perlu mengaktifkan fitur cruise control pada kendaraan Anda.

Kenali Skema Contraflow

Contraflow adalah skema rekayasa lalu lintas yang mengubah arah laju kendaraan menjadi berlawanan dari arah normal. Hal ini biasanya dilakukan untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di salah satu arah jalan. Dalam skema ini, satu ruas jalan tol dibagi menjadi dua lajur dan dipisahkan dengan cone atau pembatas.

Hindari Penggunaan Cruise Control

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC), menyarankan agar pengemudi tidak menggunakan cruise control saat melintas di jalur contraflow. Fitur ini memang bermanfaat dalam kondisi tertentu, namun dalam situasi contraflow, pengemudi harus lebih waspada dan siap untuk melakukan manuver seperti akselerasi, deselerasi, atau menghindari hambatan dengan cepat.

Manuver dengan Cepat dan Tepat

Dalam kondisi contraflow, ruang gerak Anda menjadi terbatas. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk selalu siaga dan siap untuk berhenti atau melaju dalam waktu singkat jika diperlukan. Pastikan juga untuk selalu memperhatikan batas kecepatan yang ditetapkan untuk menghindari risiko kecelakaan.

Kesimpulan

Mengemudi di jalur contraflow membutuhkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan ekstra dari pengemudi. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membantu memastikan perjalanan yang lebih aman bagi diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini