Kecelakaan tragis yang melibatkan bus Rosalia Indah terjadi di KM 370 tol Batang-Semarang pada Kamis pagi, 11 April 2024, menarik perhatian publik. Irjen Pol. Aan Suhanan, Kakorlantas Polri, telah menyampaikan dugaan awal penyebab kecelakaan tersebut.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh di lapangan, tidak ditemukan jejak rem pada lokasi kejadian. Hal ini menunjukkan bahwa kecelakaan tersebut terjadi tanpa upaya pengereman mendadak oleh pengemudi. Menurut Irjen Pol. Aan, pengemudi bus dilaporkan merasa lelah sebelum kejadian, yang mengarah pada dugaan bahwa pengemudi mungkin mengalami microsleep atau tertidur sejenak saat mengemudi.

Tim Traffic Accident Analysis (TAA) dari Polda Jawa Tengah telah diturunkan untuk melakukan investigasi lebih lanjut dan mengolah Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna memastikan penyebab pasti dari kecelakaan ini.

Kecelakaan ini menyebabkan korban jiwa, dengan tujuh orang dilaporkan meninggal dunia dan beberapa lainnya mengalami luka-luka. Identitas beberapa korban telah teridentifikasi dan proses identifikasi lainnya masih berlangsung.

Kasus ini menjadi pengingat pentingnya kesadaran akan bahaya mengemudi dalam kondisi lelah dan pentingnya istirahat yang cukup bagi para pengemudi untuk mencegah kecelakaan serupa di masa depan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini