Sebuah kejadian menggemparkan terjadi di Wonosari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dimana sebuah mobil Suzuki Carry yang mogok di perlintasan kereta tanpa palang pintu tertabrak oleh Kereta Api (KA) Argo Semeru pada Jumat, 12 April 2024. Insiden ini menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat mengenai fenomena mesin yang kerap mati saat melintasi rel kereta.

Menurut Bambang Sri Haryanto, Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang, memang ada kemungkinan mesin mobil mati karena medan magnet yang besar dari kereta yang berjalan. Medan elektromagnetik di rel dapat memancarkan gelombang transversal arus DC yang bertolak belakang dengan kelistrikan mobil, sehingga menyebabkan Electronic Control Unit (ECU) berhenti bekerja dan mobil pun mogok.

Namun, Bambang juga menambahkan bahwa mesin mobil mati bisa juga disebabkan oleh kelalaian pengemudi seperti lupa mengoper gigi atau putaran mesin yang terlalu rendah saat melintasi rel. Hal ini dapat menyebabkan dinamo dan koil mati akibat medan magnet dari lokomotif.

Dalam insiden terbaru ini, beruntung semua penumpang berhasil menyelamatkan diri dan tidak ada korban jiwa. Namun, kejadian ini menjadi pengingat penting bagi kita semua untuk selalu waspada dan mengikuti aturan saat melintasi perlintasan kereta api.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini