Usai berlebaran di kampung halaman, banyak pemudik yang membawa barang lebih banyak dari biasanya. Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah perlu menambah tekanan angin ban ketika mobil diisi dengan kapasitas maksimal ditambah barang bawaan yang lebih banyak.

Menurut situs resmi Hyundai, ketika mobil terisi penuh dan harus menanggung beban lebih banyak, ada baiknya tekanan ban turut dinaikkan. Namun, kenaikan ini juga tidak boleh terlalu tinggi atau melewati batas tekanan pada ban. Sebagai contoh, jika tekanan ban standar adalah 35 Psi, maka kenaikan yang disarankan adalah sekitar 3 Psi menjadi 38 Psi. Ini membantu ban menopang beban lebih dengan lebih banyak udara di dalam ban.

Penting untuk tidak mengisi ban dengan udara terlalu tinggi, misalnya melebihi 40 Psi, karena ban akan menjadi terlalu keras dan mungkin kurang nyaman saat berkendara. Ban yang terisi udara terlalu tinggi juga rawan pecah bila sudah tidak kuat menopang beban.

Sebelum berangkat mudik atau balik, disarankan untuk melakukan pengecekan pada ban mobil. Pastikan kondisinya masih layak supaya bisa tiba di tujuan dan pulang dengan selamat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini