JAKARTA – Pada musim mudik dan arus balik Lebaran 2024, banyak kecelakaan yang terjadi di jalan tol. Penyebabnya ada beragam hal, namun paling sering karena dampak dari pengendaranya sendiri alias faktor internal. Bicara soal kecelakaan dari sisi pengendara, selain karena kecerobohan, ada banyak kondisi yang membuat terjadinya insiden. Salah satunya adalah highway hypnosis.

Apa Itu Highway Hypnosis?

Highway hypnosis atau hipnosis jalan raya adalah kondisi di mana pengendara mengalami kehilangan kesadaran akan lingkungan sekitarnya saat mengemudi dalam jarak yang panjang. Biasanya, hal ini lebih mudah menyerang pengendara di jalan tol ketika menempuh perjalanan jarak jauh seperti mudik.

Menurut Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), highway hypnosis bisa terjadi pada pengendara setelah menempuh perjalanan jarak jauh dalam waktu yang lama dan dalam kondisi yang monoton. Jalan bebas hambatan yang ke luar kota cenderung lurus saja, dan kondisi berkendara yang monoton tanpa perbincangan yang intinya membosankan memperparah kondisi ini. Pengendara bisa mengalami microsleep akibat highway hypnosis, meskipun keduanya berbeda. Microsleep biasanya hanya berlangsung sekitar 30 detik, sedangkan highway hypnosis memiliki efek yang lebih lama.

Mengapa Highway Hypnosis Terjadi?

Highway hypnosis dipicu oleh monotonnya perjalanan sehingga menimbulkan kebosanan dan pandangan cenderung ke arah depan. Pengemudi dapat terbuai seperti dihipnotis, dan pikirannya teralih sehingga kehilangan kendali pada kendaraan. Efeknya mirip dengan microsleep, di mana teralihkannya perhatian dari jalan dapat memicu kecelakaan fatal.

Karena itu, highway hypnosis dapat menyerang pengendara yang lelah atau kurang istirahat, bahkan pengemudi yang dalam keadaan bugar atau memiliki waktu tidur yang cukup.

Kesimpulan

Highway hypnosis adalah kondisi serius yang mempengaruhi keselamatan berkendara. Pengendara harus lebih waspada dan mengambil tindakan pencegahan, seperti beristirahat secara teratur, mengganti musik atau melakukan obrolan ringan untuk menghindari monotonnya perjalanan.

Ingatlah bahwa keselamatan adalah prioritas utama saat kita berada di jalan. Semoga artikel ini membantu meningkatkan kesadaran tentang bahaya highway hypnosis dan mengajak kita semua untuk lebih berhati-hati di jalan raya.

Beda dengan Microsleep, Ini Penyebab dan Bahaya Highway Hypnosis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini