JAKARTA, 30 April 2024 – Kebocoran pada ban mobil seringkali menjadi masalah yang dihadapi para pengguna kendaraan. Namun, bagaimana jika kebocoran terjadi pada bagian samping ban? Apakah ban yang mengalami kebocoran di bagian samping masih bisa digunakan?

Ban Bocor di Bagian Samping: Apa yang Harus Anda Ketahui

1. Kondisi Ban

Ban yang mengalami kebocoran atau sobek kecil pada bagian samping atau dinding ban sebaiknya tidak dianggap enteng. Meskipun masih muda, bagian yang luka atau sobek benangnya sudah putus. Akibatnya, tidak ada penahan pada bagian tersebut.

2. Tidak Disarankan untuk Ditambal

Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, ban yang mengalami kebocoran di bagian samping tidak disarankan untuk ditambal. Defleksi di bagian tersebut tidak akan senormal kondisi awal. Meskipun bagian yang luka pada ban mobil bisa ditambal dengan baik, defleksi atau kelenturannya masih dipertanyakan. Kekuatan ikatan antara benang ban yang putus juga berkurang.

3. Pentingnya Tekanan Ban

Untuk mengurangi risiko kebocoran pada ban mobil, penting bagi pemilik kendaraan untuk selalu menjaga tekanan ban. Ikuti rekomendasi pabrikan yang biasanya tertera pada sticker di bagian pintu mobil pengendara.

Jadi, meskipun ban mobil mengalami kebocoran di bagian samping, sebaiknya gunakan sebagai ban serep dan segera ganti dengan ban yang utuh untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Kompas.com
MSN
Kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini