Jakarta, 25 April 2024 – Pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, telah menarik perhatian dengan pilihan kendaraan mereka sejak pendaftaran hingga kampanye. Dalam perjalanan politik mereka, bukan hanya sekadar alat transportasi, tetapi juga pernyataan politik yang menegaskan visi mereka terhadap kemandirian dan kemajuan industri Indonesia.

Berikut adalah rangkuman tentang kendaraan yang digunakan oleh Prabowo-Gibran:

1. Mobil Maung

  • Produsen: PT Pindad
  • Deskripsi: Maung adalah kendaraan taktis ringan 4×4 yang diciptakan untuk mendukung operasi di medan sulit dan sebagai kendaraan angkut personel. Dengan daya tampung empat orang dan lima pintu, Maung memiliki kemampuan manuver yang gesit dan andal. Pada saat pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Oktober 2023, Prabowo-Gibran menggunakan mobil Maung ini. Mobil ini juga dilengkapi dengan pelat bertuliskan ‘Bangga Buatan Indonesia’ dan hiasan janur kuning.

2. Bus Listrik

  • Produsen: Mobil Anak Bangsa (MAB)
  • Deskripsi: Bus listrik yang digunakan oleh Prabowo-Gibran merupakan tipe MD12E-NF yang tergolong Normal Floor City Bus. Bus ini memiliki daya jelajah sejauh 250 km dalam satu kali pengisian baterai. Waktu pengecasan baterai hanya 3 jam untuk mengecas dari 10 persen hingga 100 persen. Desainnya mirip dengan bus TransJakarta dan merupakan hasil karya perusahaan lokal kepunyaan Kepala Kantor Staf Presiden, Moeldoko.

Dengan pilihan kendaraan ini, Prabowo-Gibran ingin menunjukkan komitmen mereka terhadap produk-produk buatan Indonesia dan mendukung pengembangan industri dalam negeri. Semoga informasi ini membantu memahami lebih lanjut tentang kendaraan yang mengantar mereka ke Istana! 🇮🇩🚗🚌

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini