![Cek oli mesin lewat dipstick](https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/6XJZ9e3z9YqV5U2R8QKl1XQWQ4w=/640×360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/1002002/original/083051000_1556908432-cek-oli-mesin-lewat-dipstick.jpg)

Mengecek kualitas oli mobil merupakan langkah penting dalam mempertahankan kinerja optimal mesin kendaraan. Salah satu cara yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri adalah dengan memperhatikan warnanya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  1. Warna Oli Baru: Oli baru umumnya memiliki warna kuning kecoklatan dan jernih. Seiring waktu, warnanya akan semakin menghitam. Jadi, jika Anda melihat oli yang masih jernih, itu menandakan kualitas oli yang baik.

  2. Indikasi Waktu Ganti Oli: Perubahan warna pada oli bisa menjadi indikasi waktunya ganti oli. Jika warnanya sudah sangat gelap, pertimbangkan untuk menggantinya.

  3. Kondisi Mesin: Setiap warna oli mewakili kondisi mesinnya. Meskipun warna oli bisa memberikan indikasi awal, untuk memastikan lebih pasti, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan teknisi di bengkel.

Ingatlah bahwa memeriksa kualitas oli secara rutin akan membantu menjaga performa mesin kendaraan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat! 🚗💡

Mengecek Kualitas Oli Bisa Dilihat dari Warnanya – Kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini