Pabrikan Zongshen China, yang sekarang beralih nama menjadi Zonsen, baru saja memperkenalkan mini bike baru bernama ZS 150 Mini Panda. Dari segi tampilan, Zonsen ZS 150 Mini Panda hadir dalam dua tipe: versi scrambler dan cafe racer. Pada opsi scrambler, terlihat siluet hingga lekukannya terinspirasi dari mini bike legendaris Honda Monkey. Namun, perbedaan paling jelas terlihat di area mesin, di mana Zonsen ZS 150 Mini Panda menggendong mesin tegak yang menjadi ciri khas motor sport tulen. Hal ini membuatnya lebih padat dan kekar dibandingkan dengan Honda Monkey yang masih menggunakan mesin horizontal.

Untuk versi cafe racer, tampilannya mengarah ke aura motor balap retro dengan hadirnya fairing membulat. Penggunaan stang rendah, spion model bar-end, dan buntut hornet sukses menguatkan tema cafe racer yang diusung. Spesifikasinya mencakup mesin silinder tunggal pendingin udara dengan kapasitas 149 cc.

Selain Zonsen ZS 150 Mini Panda, ada beberapa mini bike lain yang juga menggunakan mesin berdiri ala motor sport tulen. Contohnya:

  • Brixton Crossfire 125XS: Mini bike ini juga menggunakan mesin berdiri dan transmisi manual, berbeda dari Honda Monkey dan Kawasaki Z125 Pro yang masih menggunakan mesin tidur ala motor bebek.
  • Xcross Monkey 150: Meskipun desainnya mirip dengan Honda Monkey, Xcross Monkey 150 sudah menggunakan mesin model ‘berdiri’ yang lazim digunakan pada naked bike atau sportbike, berbeda dengan Honda Grom 125 yang masih menggunakan mesin model ‘tidur’ yang banyak digunakan pada motor bebek.

Semoga informasi ini membantu! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini