Saat melewati jalan dengan kontur pegunungan, seringkali kita berpapasan dengan kendaraan lain yang lebih besar. Video yang diunggah oleh akun Instagram @galeri.tanjakan.sitinjau memperlihatkan sebuah truk yang mengalami kesulitan melewati Tanjakan Sitinjau Lauik, di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat. Ketika berpapasan di jalan menanjak, truk terlihat kesulitan karena harus berhenti di tanjakan yang menikung dan berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan. Bahkan, kejadian seperti ini seringkali terjadi di Tanjakan Sitinjau Lauik, di mana masih banyak pengemudi yang kurang paham mana kendaraan yang harus didahulukan saat di jalan menanjak dan menurun.

Menurut Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), secara teori kendaraan yang ingin menanjak harus didahulukan dan mobil yang ingin turun harus memberi jalan. Ini karena kendaraan yang menanjak butuh usaha lebih besar, terutama di tanjakan yang panjang dan curam. Prioritas kendaraan yang akan menanjak sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan, tepatnya dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 111. Berikut bunyinya, "Pada jalan yang menanjak atau menurun yang tidak memungkinkan bagi kendaraan untuk saling berpapasan, pengemudi kendaraan yang arahnya menurun wajib memberi kesempatan jalan kepada kendaraan yang mendaki."

Jadi, dalam situasi berpapasan di tanjakan, kendaraan yang ingin menanjak harus didahulukan demi keselamatan dan kelancaran lalu lintas. Semoga informasi ini membantu! 😊

Truk Berpapasan dengan Mobil di Tanjakan Sitinjau Lauik, Siapa yang Harus Mengalah?
Rawannya Tikungan Sitinjau Lauik, Ingat Lagi Prioritas Kendaraan yang …
Mobil Berpapasan di Tanjakan, Dahulukan Kendaraan yang Naik – Kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini