Baru-baru ini terjadi kecelakaan yang melibatkan Toyota Fortuner dengan Mitsubishi Canter di Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ), tepatnya di Km 14. Pada video yang viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram @lowslowmotif, terlihat Fortuner hitam melaju dalam kecepatan tinggi melalui bahu jalan. Setelah kembali ke jalur kiri, Fortuner menabrak bagian samping Mitsubishi Canter hingga keduanya kehilangan kendali. Kasatlantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Yugi Bayu Hendarto mengatakan, pihaknya masih mendalami penyebab kecelakaan tersebut. Namun, dugaan awal mengatakan bahwa sopir Fortuner dalam keadaan mengantuk.

Belajar dari kecelakaan tersebut, ada baiknya pengemudi memperhatikan beberapa hal saat melaju di Tol Layang MBZ. Berikut beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi kecelakaan serupa:

  1. Jaga Batas Kecepatan: Saat melintas di jalan tol MBZ, pengemudi wajib memperhatikan batas kecepatan kendaraan. Jangan menyamakan jalan tol layang tersebut dengan jalan tol pada umumnya. Terlebih kondisi sambungan disebut tidak rata sehingga bisa berpengaruh pada laju kendaraan jika kurang berhati-hati. "Jaga kecepatan kendaraan antara 60 Kilometer per jam (Kpj) dan maksimal 80 Kpj, karena sambungan tidak rata," ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

  2. Pandangan Jauh ke Depan: Untuk menghindari tabrak belakang, pandangan pengemudi diimbau untuk melihat jauh ke depan. Salah satu penyebab tabrak belakang adalah pandangan pengemudi yang terhalang ke depan. "Bila di depan ada kendaraan yang lebih lambat, maka kita harus segera menyesuaikan kecepatan dan bila memungkinkan dan aman, bisa didahului," kata Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan.

  3. Hindari Distraksi: Distraksi seperti menggunakan ponsel, berbicara, mengganti saluran radio, dan lainnya dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. Saat terdistraksi, kita bisa kehilangan informasi di depan kita, dan kecepatan tinggi sudah bergerak lumayan jauh dalam waktu singkat.

Ingatlah untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan tol. Semoga tips di atas membantu para pengemudi agar lebih waspada dan mengurangi risiko kecelakaan.

Belajar dari Kecelakaan Fortuner Hitam, Begini Tips Aman Lewat MBZ
Belajar dari Kecelakaan Fortuner Pelat Polri yang Ugal-ugalan di Tol MBZ
Pelat Dinas Polri Fortuner yang Kecelakaan di Tol MBZ Jadi Pelat Hitam …

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini