Toyota ‘Hardtop’ Land Cruiser adalah salah satu mobil legendaris yang pernah ada di Indonesia. Dulu, mobil ini kerap tampil di layar televisi dalam adegan penculikan sehingga sering dikenal sebagai mobil penculik. Namun, apa sebenarnya sejarah di balik mobil ini dan bagaimana harga pasaran Hardtop di tahun 2024?

Sejarah Toyota Hardtop di Indonesia

Di Indonesia, nama "Hardtop" digunakan untuk menyebut mobil Toyota Land Cruiser lawas, terutama seri 40 yang paling populer di dunia pada masanya. Mobil ini memiliki atap yang menggunakan bahan keras, meskipun ada pula varian yang menggunakan bahan kanvas yang bisa dibuka-tutup dengan mudah.

Masuknya mobil Hardtop ke Indonesia berawal dari kunjungan pejabat militer Indonesia ke Jepang pada tahun 1960. Saat itu, Jepang menggunakan Toyota Land Cruiser FJ40 sebagai kendaraan militer. Pemerintah Indonesia tertarik mengimpornya dan menggunakannya sebagai kendaraan operasional Pasukan Tjakrabirawa (sekarang Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres). Mobil ini kemudian diproduksi di pabrik dalam negeri dan bisa digunakan untuk masyarakat umum.

Sejarah awal munculnya Land Cruiser di Jepang terjadi ketika terjadi perang antara Korea Utara dan Korea Selatan. Jepang saat itu berada di bawah kendali Amerika Serikat. Toyota yang sudah lama memasok truk untuk Jepang diminta untuk menyediakan kendaraan roda empat dengan spesifikasi serupa ‘Jeep’ Willys. Prototipe pertama mobil ini diperkenalkan pada Januari 1951 dan dikenal dengan sebutan Toyota Jeep BJ (mesin berkode B). Dalam uji kemampuan, mobil ini sukses melintasi tingkat keenam Gunung Fuji. Pada 1954, nama Toyota Jeep BJ diganti dengan Land Cruiser. Mobil ini semakin populer dan diekspor ke berbagai negara.

Generasi ketiga Land Cruiser (seri 40) diluncurkan pada tahun 1960 dan penjualannya pun meroket. Variannya meliputi FJ40 dengan mesin bensin dan BJ40 dengan mesin diesel. Dua varian inilah yang banyak beredar di Indonesia. Jepang kemudian menghentikan produksi Land Cruiser seri 40 pada tahun 1986. Meski demikian, masih muncul Land Cruiser seri-seri selanjutnya, bahkan kini terdapat seri 300 dengan varian VX-R dan GR-S dengan bentuk SUV. Namun, tentunya seri ini sudah tak lagi disebut "Hardtop."

Harga Pasaran Hardtop 2024

Meskipun Toyota ‘Hardtop’ Land Cruiser telah menjadi mobil koleksi dan barang langka, harga pasarnya masih cukup bervariasi tergantung pada kondisi dan tahun pembuatannya. Berikut ini kisaran harga pasaran Toyota ‘Hardtop’ Land Cruiser di tahun 2024:

  • Tipe FJ40: Kisaran harga sekitar Rp 130 juta hingga …
  • Tipe BJ40: Kisaran harga sekitar Rp 130 juta hingga …

Pastikan untuk memeriksa kondisi dan tahun spesifik mobil Hardtop yang ingin Anda beli untuk mendapatkan informasi harga yang lebih akurat. Meskipun mobil ini sudah tua, tetapi daya tariknya bagi pecinta mobil tua tetap kuat.

Semoga artikel ini memberikan wawasan lebih tentang sejarah Toyota ‘Hardtop’ Land Cruiser dan harga pasaran terkini di tahun 2024! 🚙💨

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini