Pada tanggal 18 April 2024, tim GridOto.com melakukan investigasi di SPBU Pertamina 34.116.08 di daerah Pos Pengumben, Jakarta. Petugas di sana mengatakan bahwa SPBU tersebut sudah tidak lagi menjual Pertalite selama dua pekan terakhir. Namun, PT Pertamina Patra Niaga, anak usaha PT Pertamina (Persero), membantah kabar bahwa mereka berhenti menjual Pertalite di jaringan SPBU Pertamina.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menegaskan bahwa Pertalite masih merupakan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) sesuai dengan Kepmen ESDM No 37.K/HK.02/MEM.M/2022. Sehingga perubahan dalam penyalurannya harus melalui kebijakan Pemerintah. Irto menambahkan bahwa Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk tetap mengikuti dan menjalankan semua kebijakan yang ditetapkan Pemerintah.

Selain itu, warganet juga mengabarkan bahwa pemerintah akan menghapus Pertalite mulai Mei 2024 dan menggantinya dengan Pertamax Green 95. Namun, Fadjar Djoko Santoso, Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, memberikan klarifikasi bahwa Pertalite masih menjadi Jenis Bahan Bakar Penugasan Khusus (JBKP) sesuai arahan pemerintah. Meskipun ada beberapa SPBU yang sudah tidak menjual Pertalite, hal ini didasarkan pada keputusan masing-masing SPBU. Pertamax Green 95 sendiri sudah dijual sejak 2023, tetapi hanya di 65 SPBU di Jabodetabek dan Surabaya berdasarkan data Pertamina per April 2024.

Jadi, meskipun ada kabar tentang penghapusan Pertalite, Pertamina tetap menyalurkan Pertalite sesuai dengan penugasan pemerintah. Semoga informasi ini membantu! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini