Tol MBZ atau Mohammed Bin Zayed merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia. Lokasinya membentang dari Junction Cikunir hingga Karawang Barat. Berikut beberapa fakta menarik mengenai tol jalan layang ini:

  1. Pembangunan dengan Teknologi Sosrobahu: Jalan Tol Layang MBZ dibangun menggunakan Teknologi Sosrobahu, yang merupakan hasil karya anak bangsa bernama Tjokorda Raka Sukawati. Teknologi ini sangat diperlukan untuk mengatasi kesulitan membangun konstruksi jalan di atas jalan.

  2. Fitur Keselamatan: Tol MBZ dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, termasuk emergency U-turn di 8 titik lokasi (khusus kondisi darurat). Selain itu, terdapat lebih dari 100 CCTV yang memantau secara langsung.

  3. Emergency Exit Ramp dan Emergency Parking Bay: Tol ini juga memiliki fitur keselamatan lainnya, seperti Emergency Exit Ramp di 2 lokasi dan Emergency Parking Bay di 4 titik lokasi yang ditentukan.

  4. Simulasi Rescue Udara: Untuk faktor keselamatan, jalan tol ini telah mensimulasikan penggunaan rescue udara "Air Medivac". Rescue udara ini menggunakan helikopter pada Km 40B oleh PT Jasa Marga bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

Kecelakaan yang melibatkan Toyota Fortuner dengan plat dinas Polri 7-VIII terjadi di Jalan Tol Layang MBZ KM 14 B, Kota Bekasi, Jawa Barat. Mobil Fortuner menabrak mobil minibus yang berada di depannya, menyebabkan mobil minibus menyerempet tembok pembatas jalan tol .

Semoga informasi ini bermanfaat! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini