Pada bulan Mei 2024, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengundang rekan-rekan media untuk mengikuti acara Clan of Classy 2024 dari Yogyakarta-Solo-Salatiga. Dalam kegiatan yang berlangsung pada 4-5 Mei tersebut, GridOto.com mendapat kesempatan menjajal seberapa irit konsumsi bahan bakar (BBM) Yamaha Fazzio di rute Yogyakarta-Solo.

Menggunakan metode pengetesan full-to-full, semua unit yang digunakan para peserta Eco Ride Challenge disegel pada bagian tutup bensin untuk memastikan tidak ada kecurangan. GridOto.com menggunakan unit tes Fazzio tipe Lux warna Prestige Silver, dengan postur penguji 168 cm dan bobot 57 kg.

Para peserta dilepas dari Cafe Cosan di wilayah Seturan, Yogyakarta, dan langsung dihadapkan pada kondisi jalanan perkotaan yang padat merayap. Memasuki Jalan Raya Solo-Yogyakarta yang lebar, rombongan penguji bisa tancap gas dengan leluasa untuk merasakan performa skutik ini di putaran menengah ke atas. Setelahnya, para rombongan diarahkan ke tempat Wisata Waduk Rowo Jombor di Klaten, Jawa Tengah, melintasi jalur pedesaan yang sempit.

Dalam pengetesan ini, fitur Stop Start System yang dapat otomatis mematikan mesin diaktifkan sehingga dapat memangkas konsumsi BBM. Perjalanan menuju tempat wisata Rowo Jombor Klaten melintasi jalanan sempit dan cukup padat, sehingga sering menemui kondisi stop-and-go.

Hasil pengetesan menunjukkan bahwa konsumsi BBM Yamaha Fazzio dalam perjalanan Yogyakarta-Solo adalah sebagai berikut:

  • GridOto.com: Konsumsi BBM adalah 46,73 kilometer per liter.
  • Kompas.com: Konsumsi BBM adalah 46,73 kilometer per liter.
  • Kumparan.com: Konsumsi BBM adalah 76,7 km/liter.
  • Liputan6.com: Konsumsi BBM adalah 72,08 km/liter.

Dengan hasil yang konsisten, Yamaha Fazzio menunjukkan efisiensi yang baik dalam mengatasi perjalanan jarak jauh. Skutik ini cocok bagi pengendara yang mengutamakan irit BBM tanpa mengorbankan performa. Semoga informasi ini bermanfaat! 🛵💨

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini