Poles motor memang baru akhir-akhir ini banyak tersedia. Sebelumnya, istilah "poles" atau membuat kinclong kendaraan ini lebih jamak pada pemilik kendaraan roda empat. Noviandy Hermanto, Pemilik SCT Moto Detailing Cikeas X4, mengatakan, secara teori proses poles motor dan mobil sebenarnya sama saja. Bedanya untuk motor, lebih cepat dan mudah. "Kalau mobil langkahnya lebih banyak, ada kaca, interior, ruang mesin dan sebagainya. Bahan yang digunakan pun sama, cuma yang buat mobil lebih banyak saja," kata pria yang akrab disapa Andy kepada Kompas.com, Rabu (8/5/2024).

Bodi motor yang kebanyakan terbuat dari bahan plastik keras pun dibilang lebih cepat untuk dipoles daripada bodi mobil yang dari besi. Jadi sudah lebih cepat, mudah pula. "Untuk motor paling cepat bisa tujuh jam, detailing sampai selesai. Sedangkan mobil bisa tiga hari, termasuk interior, ruang mesin, bodi, kaca, dan kaki-kaki."

Untuk proses poles motor, Andy menjelaskan langkahnya dimulai dari mencuci secara menyeluruh. Baru setelah itu, detailing dengan menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel setelah cuci yang pertama. "Setelah bersih semua, masuk langkah poles tiga kali, diulang bila perlu. Kalau semua sudah bagus dan glowing (bersinar), tinggal finishing, bisa pakai wax, nano coating, graphene dan masih banyak lagi," kata Andy.

Jadi, bagi Anda yang ingin motor tetap kinclong, poles bisa menjadi solusi yang efektif. Selain membuat tampilan motor lebih baik, proses poles juga melindungi bodi dari kerusakan dan korosi. Ingatlah untuk selalu merawat kendaraan Anda agar tetap prima dan kinclong! 🏍️💨

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini