Kasus pencurian ban mobil kembali terjadi di parkiran ITC Cempaka Mas. Kali ini tiga ban diambil dalam waktu kurang dari 30 menit dan dibawa kabur oleh pencurinya. Kejadian seperti ini memang bukan yang pertama kali terjadi. Bahkan di beberapa daerah seperti Medan, Sumatera Utara, kasus pencurian ban sangat marak terjadi.

Melihat aksi seperti itu, Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., mengatakan bahwa membongkar ban di parkiran sekarang bisa dilakukan dengan cepat, didukung oleh alat yang mumpuni. "Untuk bongkar set ban dan pelek dari kendaraan sangat mudah bagi mereka, bisa di bawah tiga menit atau kurang mereka sudah bisa melepas pelek dan ban dari kendaraan memakai kunci roda biasa," ucap Zulpata kepada Kompas.com. Belum lagi sekarang sudah banyak pembuka baut roda yang menggunakan baterai. Makanya, kejadian pencurian ban jadi semakin mudah dilakukan oleh para maling.

Zulpata menyarankan pemilik mobil untuk waspada terutama ketika memarkir kendaraan. "Pilih parkir di tempat yang agak ramai, seperti dekat pos penjagaan, dekat pintu keluar, atau semacamnya. Alarm guncangan juga bisa diaktifkan, atau tambahkan baut roda yang bisa dikunci," ucap Zulpata. Dengan langkah-langkah preventif ini, pemilik kendaraan dapat mengurangi risiko pencurian ban saat mobil sedang diparkir.

Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan waspada agar kendaraan kita tetap aman dari aksi pencurian yang semakin canggih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda! 😊

Sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini