Great New Xenia Meluncur Perdana di Yogyakarta

3390
0
BERBAGI

Setelah sebelumnya Toyota Grand New Avanza meluncur di Yogyakarta pada 12 Agustus 2015 kemarin, kali ini giliran saudara kembarnya, yaitu Daihatsu Great New Xenia yang menyusul diluncurkan.

Meskipun sebenarnya jadwal peluncuran resmi kedua mobil kembar ini bersamaan, tetapi untuk area Yogyakarta ternyata Great New Xenia baru resmi diperkenalkan pada hari Kamis, 13 Agustus 2015.

great new xenia_8 great new xenia_10 great new xenia_11

Bertempat di Ballroom Hotel Sheraton Yogyakarta, Allen Budiono selaku Kepala Cabang Daihatsu Jl. Solo – Yogyakarta membuka acara launching tersebut.

Menurut Allen, Great New Xenia kini mengedepankan tiga hal penting yang meliputi gaya, efisiensi dan performa tinggi serta lebih nyaman dan aman.

great new xenia_16 great new xenia_13 great new xenia_14 great new xenia_12

Ketika menjumpai unit yang dipamerkan, kami mendapati bahwa Xenia memberikan penyegaran pada desain eksterior dengan desain muka baru pada kap mesin, grille depan serta bumper depan. Khusus untuk tipe tertinggi yakni R Sporty, sepasang lampu DRL (Daytime Running Light) telah ditambahkan.

Bagian belakangnya juga mendapat beberapa penyegaran, baik dari desain lampu baru serta adanya back door garnish yang dilengkapi dengan lens.

great new xenia_15 great new xenia_3 great new xenia_6

Menuju ke dalam, Great New Xenia memberikan interior dengan warna dark brown yang menurut Allen mengadopsi tren interior di mobil Eropa. Desain lingkar kemudi turut diperbaharui dengan penambahan ornamen berwarna silver. Pada dasarnya, desain dasbor kabin Xenia hampir mirip dengan saudaranya, yakni Grand New Avanza. Bahkan bisa dibilang kemiripannya hingga 95%.

Mundur ke belakang, pengaturan jok juga seperti halnya Grand New Avanza, yakni menggunakan konfigurasi pelipatan 50:50 untuk baris ketiga, berbeda dari pendahulunya yang dibuat menyatu. Untuk jok baris kedua, Xenia tidak memberikan head rest untuk penumpang di bagian tengah sebagaimana ada pada Grand New Avanza.

great new xenia_5 great new xenia_1 great new xenia_4

Urusan performa, Great New Xenia memakai mesin baru berkode 1NR dengan teknologi Dual VVT-i yang juga dipakai oleh Grand New Avanza. Bedanya, jika Grand New Avanza menyediakan mesin berkapasitas 1.5 L untuk varian tertingginya, maka Great New Xenia hanya memberikan mesin 1.3 L untuk tipe R Sporty yang merupakan varian puncak. Terkait dengan kehadiran bahan bakar baru yakni Pertalite, Allen menyatakan bahwa Xenia boleh mengkonsumsi Pertalite, karena Xenia dianjurkan untuk memakai bahan bakar minimum dengan kadar RON 90.

Fitur keamanan dan kenyamanan turut mendapat perhatian. Great New Xenia sudah dibekali dengan immobilizer, dual SRS airbag, side impact beam, Multi Information Display yang mendapatkan tambahan fitur eco driving indicator, power window with jam protection dan suspensi serta kekedapan kabin yang lebih nyaman dan senyap. Berbeda dengan saudaranya yang sudah memberikan sistem pengereman ABS, maka pada Xenia baru fitur ABS belum dihadirkan.

Great New Xenia ditawarkan dalam 11 varian dengan 8 pilihan warna dan dibandrol mulai dari Rp 157 jutaan hingga Rp 211 jutaan. Hal ini berarti Xenia baru naik harga sekitar Rp 1 hingga 5 jutaan dari sebelumnya.

Baca juga: 4 Persamaan Grand New Avanza dan Great New Xenia

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY