Ketika aki mobil tipe Maintenance Free (MF) mengalami drop, banyak pemilik kendaraan yang bertanya-tanya apakah aki tersebut masih bisa disetrum atau diisi ulang. Jawaban untuk pertanyaan ini ternyata adalah ya, aki MF yang drop memang bisa disetrum ulang.

Menurut Heri Febrianto, seorang technical support dari Yuasa Battery, "Aki MF boleh disetrum ulang asalkan sesuai dengan spesifikasi penyetruman yang ada di badan aki." Beliau menyarankan untuk melakukan penyetruman dengan ampere kecil, yaitu 1/5 dari kapasitas baterai selama 10 jam. Pengecasan yang dilakukan secara perlahan ini akan membantu menjaga cell aki agar tidak mudah rusak.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jika aki MF tersebut drop lagi setelah pengisian dan pengisian berlangsung normal, maka bisa dipastikan bahwa aki tersebut sudah soak dan harus diganti baru. Penyetruman yang benar akan membantu memperpanjang umur aki.

Penting untuk selalu mengikuti petunjuk dan spesifikasi dari produsen untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada aki mobil Anda. Dengan perawatan yang tepat, aki MF dapat memiliki umur yang lebih lama dan performa yang optimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini