Komika Muhammad Kadavi atau yang lebih dikenal dengan nama Davi Sumbing baru-baru ini menjadi korban pencurian dengan modus pecah kaca mobil. Peristiwa itu terjadi saat ia mampir di warung kopi di Jalan Raya Pekayon, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, pada Selasa (6/2/2024) malam .

Davi mengaku meninggalkan tas berisi laptop merek Asus di kursi belakang mobil Honda WR-V warna merah miliknya. Ia lalu meninggalkan mobilnya dalam keadaan sudah terkunci. Namun, tak lama kemudian, ia mendapati kaca mobil belakang sebelah kanan sudah pecah dan tasnya sudah hilang .

Davi pun langsung melaporkan kejadian itu ke Polres Metro Bekasi Kota. Ia juga mengunggah foto kaca mobilnya yang pecah di akun Instagram-nya. Ia mengimbau agar masyarakat selalu hati-hati saat memarkirkan kendaraan, agar tidak bernasib seperti yang ia alami .

Modus pecah kaca mobil memang sudah sering terjadi. Biasanya, pelaku kejahatan memanfaatkan ujung elektroda busi untuk memecahkan kaca mobil. Kaca yang retak oleh ujung elektroda busi bisa didorong oleh pelaku. Kalau kaca sudah pecah, barang berharga yang ada di dalam mobil bisa hilang.

Pelajaran dari peristiwa ini, ada beberapa langkah untuk mencegah kejahatan bermodus pecah kaca saat parkir, seperti dikutip dari laman resmi Toyota. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Sebaiknya saat parkir tidak menutup kaca secara rapat. Paling tidak, buka kaca mobil sekitar 1 cm sebagai jalur sirkulasi udara. Kalau ada sirkulasi udara, para pelaku tidak bisa memecahkan kaca dengan busi.
  • Pasang alarm mobil. Bisa juga memasang sensor tambahan, alarm ganda, atau electrical cut untuk mobil yang belum disematkan fitur Immobilizer. Hal itu bertujuan agar mencegah mobil dibawa kabur oleh maling.
  • Pakai kaca film. Disarankan bagi para pemilik mobil untuk memilih kaca film yang sulit terlihat dari luar, namun tidak mengganggu visibilitas.
  • Simpan barang di tempat aman. Apalagi barang berharga seperti laptop. Sebaiknya simpan di tempat tertutup di dalam mobil. Manfaatkan kompartemen tertutup seperti glove box, laci, atau bagasi, serta juga bisa manfaatkan tray penutup di bagasi bagi pemilik mobil SUV (Sport Utility Vehicle), atau hatchback. Jika tidak tersedia tempat atau kompartemen tertutup yang memadai, barang berharga bisa disimpan di kolong jok mobil, atau ditutupi dengan benda gelap agar dari luar mobil terlihat samar.
  • Parkir di tempat terbuka. Hindari parkir di tempat yang sepi, gelap, atau tidak terawasi. Pilihlah tempat yang ramai, terang, dan ada petugas keamanan.

Demikian artikel yang saya buat tentang tips mencegah pencurian modus pecah kaca mobil ala komika Davi Sumbing. Semoga bermanfaat dan menjaga kita dari tindak kejahatan. Terima kasih. 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini