Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta, menjadi salah satu lokasi yang sering terjadi kecelakaan maut akibat ulah pemotor yang bandel. Meski sudah ada larangan melintas bagi kendaraan roda dua di JLNT Casablanca, masih banyak pemotor yang nekat melawan arah untuk menghindari petugas kepolisian.

Salah satu kecelakaan maut yang terjadi baru-baru ini adalah pada Minggu (18/2/2024) dini hari. Seorang pemotor berinisial MAI tewas ditabrak mobil Toyota Fortuner saat melaju dari arah timur menuju barat di JLNT Casablanca. Menurut saksi di tempat kejadian perkara (TKP), MAI dan rekannya, F, melawan arah karena sedang ada patroli rutin yang dilakukan oleh Satlantas Polres Jakarta Selatan untuk antisipasi balapan liar dan lain-lain.

Sopir Fortuner yang terlibat dalam kecelakaan maut tersebut sempat kabur setelah kejadian. Namun, polisi berhasil mengamankan sopir tersebut dan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Kasie Laka Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Diella Kartika Artha mengatakan kasus tersebut masih didalami oleh Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Kecelakaan maut ini menjadi pelajaran penting bagi para pemotor yang harus sadar akan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Praktisi keselamatan berkendara yang juga founder dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, vonis salah-benar adalah urusan pengadilan dengan berbagai pertimbangan. Namun, dari kejadian ini, ada pelajaran penting yang bisa diambil.

"Yang perlu diketahui, harusnya ini menjadi pembelajaran bagi para pemotor yang sudah ada larangan rambu-rambu motor tidak boleh masuk atau rambu-rambu tertentu dalam konteks melawan arah. Lebih-lebih flyover ini sudah sering kali terjadi kecelakaan dan sudah ada rambu-rambu lengkap. Kesadaran masyarakat harus tinggi dalam menyikapi agar ini tidak terjadi," kata Jusri Pulubuhu kepada detikOto, Senin (19/2/2024).

Jusri Pulubuhu juga menambahkan, bagi pengendara-pengendara lain, harus bisa menyikapi bahwa sering terjadi kecelakaan yang bukan disebabkan kita pemicu awalnya. Banyak kecelakaan akibat kesalahan orang lain. Tapi masalahnya tugas kita adalah menghindari kesalahan-kesalahan atau kebodohan orang lain agar tidak terjadi kecelakaan. Ingat kalau terjadi kecelakaan yang ada adalah kerugian.

Sumber:

Pelajaran dari Kecelakaan Maut Pemotor vs Fortuner di JLNT Casablanca

Polisi Amankan Sopir Mobil Terkait Tabrakan Maut di JLNT Casablanca

Kecelakaan Fortuner vs Pemotor Lawan Arah di JLNT Casablanca, Salah Siapa?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini