Jakarta – Sebuah kecelakaan tragis terjadi di Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta, pada Minggu (18/2/2024) dini hari. Seorang pemotor yang nekat melawan arah di jalan layang itu tewas setelah ditabrak oleh mobil Toyota Fortuner. Peristiwa ini sempat viral di media sosial dan menimbulkan keprihatinan banyak pihak.

Kronologi Kejadian

Menurut keterangan Kasie Laka Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Diella Kartika Artha, kecelakaan ini bermula ketika dua pemotor, MAI dan F, melaju dari arah timur menuju barat di JLNT Casablanca. Keduanya nekat melawan arah karena ingin menghindari razia polisi yang sedang berlangsung di jalan layang tersebut.

Namun, nasib sial menimpa MAI, yang tiba-tiba bertemu dengan mobil Fortuner yang melaju dari arah berlawanan. Tabrakan pun tak terhindarkan, dan MAI pun tewas seketika di lokasi kejadian. Sementara itu, F berhasil melarikan diri dari kejaran polisi.

Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat jasad MAI sudah tergeletak tak bernyawa di JLNT Casablanca. Motor yang dikendarainya juga hancur berkeping-keping akibat benturan keras dengan mobil Fortuner. Pecahan spare part motor berserakan di sepanjang jalan layang.

Dampak dan Sanksi

Kecelakaan ini tidak hanya menimbulkan korban jiwa, tetapi juga kerugian materi dan gangguan lalu lintas. Mobil Fortuner yang menabrak MAI mengalami kerusakan parah di bagian depan. Sopir mobil tersebut, yang tidak disebutkan identitasnya, diamankan oleh polisi untuk dimintai keterangan.

Selain itu, kecelakaan ini juga menyebabkan kemacetan di JLNT Casablanca. Polisi harus menutup sebagian ruas jalan layang untuk melakukan olah TKP dan evakuasi korban. Hal ini tentu mengganggu arus lalu lintas yang biasanya lancar di jalan layang tersebut.

Kecelakaan ini juga menjadi pelajaran bagi para pengendara motor yang sering melanggar aturan lalu lintas. JLNT Casablanca memang dilarang untuk dilalui oleh motor, karena jalan layang itu hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat atau lebih. Ada rambu larangan yang jelas terpasang di pintu masuk JLNT Casablanca.

Namun, masih banyak pemotor yang bandel dan nekat masuk JLNT Casablanca, baik untuk menghemat waktu maupun menghindari razia polisi. Padahal, tindakan ini sangat berbahaya, karena bisa menimbulkan kecelakaan fatal seperti yang dialami MAI.

Bagi pemotor yang tertangkap basah melanggar rambu lalu lintas, polisi akan memberikan sanksi tegas. Sesuai dengan pasal 287 ayat 1 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pelanggar bisa dihukum kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Saran dan Himbauan

Praktisi keselamatan berkendara yang juga founder dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menegaskan, seharusnya pengendara motor tidak mengambil jalan pintas dengan masuk JLNT Casablanca apalagi lawan arah. Sebab, peraturan itu bukan ada atau tidak ada polisi, melainkan demi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

"Peraturan itu bukan ada atau tidak ada polisi. Peraturan itu demi keselamatan, kenyamanan pengguna jalan. Polisi melakukan penindakan penegakan hukum itu tidak bisa menempatkan di seluruh setiap rambu-rambu lalu lintas," ujar Jusri kepada detikOto.

Jusri juga mengingatkan, bahwa kecelakaan bisa menimbulkan dampak buruk bagi keluarga korban, terutama jika korban merupakan tulang punggung atau penyokong ekonomi. Kecelakaan bisa membuat keluarga korban menderita dan miskin.

"Ini harusnya menjadi pembelajaran buat masyarakat pengendara sepeda motor. Jangan mengambil shortcut hanya untuk kemudahan dan kenyamanan sementara. Penderitaan yang terjadi bukan hanya kepada korban, tapi juga penderitaan ini kepada keluarga korban. Karena kecelakaan ini merupakan kemiskinan," ujarnya.

Oleh karena itu, Jusri mengimbau para pengendara motor untuk selalu taat aturan lalu lintas, menghormati hak dan kewajiban pengguna jalan lainnya, serta mengutamakan keselamatan dan kenyamanan bersama. Jangan sampai, karena ingin cepat atau menghindari razia, malah menemui ajal di jalan.

Sumber:

Catat! Motor Nekat Masuk JLNT Casablanca dan Lawan Arah Bisa ‘Bikin Miskin’

4 Fakta Pemotor Lawan Arah Tewas Ditabrak Fortuner di JLNT Casablanca

Kena Deh! Pemotor Masuk Jalan Layang Casablanca Ditilang Polisi

Polisi Amankan Sopir Mobil Terkait Tabrakan Maut di JLNT Casablanca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini