Ketika musim mudik tiba, banyak pemilik motor listrik yang bertanya-tanya, apakah perlu mencabut baterai kendaraan mereka saat ditinggal pergi. Kekhawatiran akan keamanan dan kesehatan baterai menjadi topik hangat yang sering dibicarakan.

Menurut Awan Setiawan, Division Head United E-Motor, sangat disarankan untuk mencabut soket baterai motor listrik saat hendak ditinggal mudik. Ini bertujuan untuk mencegah baterai dari kemungkinan korsleting dan menjaga agar baterai tidak cepat drop atau rusak karena terus mengeluarkan daya meskipun motor tidak digunakan.

Awan juga menambahkan bahwa idealnya, baterai harus diisi daya hingga sekitar 20-80 persen sebelum ditinggal. Hal ini untuk memastikan bahwa sel-sel baterai tetap dalam kondisi baik dan tidak terlalu panas ketika nantinya diisi ulang.

Baterai merupakan salah satu komponen paling vital dan mahal pada motor listrik. Oleh karena itu, menjaga kesehatan baterai dengan cara yang benar sangat penting untuk memastikan umur pakai yang panjang dan performa kendaraan yang optimal.

Jadi, jika Anda berencana untuk mudik dan meninggalkan motor listrik di rumah, pastikan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan ini. Dengan demikian, Anda bisa menikmati liburan tanpa khawatir akan kondisi motor listrik yang Anda tinggalkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini