Toyota Motor Filipina (TMP) mengumumkan program recall terhadap tiga model mobilnya, yaitu Avanza, Veloz, dan Yaris Cross. Recall ini dilakukan karena adanya masalah pada pengencangan mur shock absorber depan yang dapat menyebabkan kerusakan dan risiko terhadap kestabilan kendaraan.

Menurut TMP, akibat pengencangan mur shock absorber depan yang salah, ada kemungkinan hal tersebut dapat menyebabkan suara tidak normal, bahkan terlepas yang mengakibatkan kestabilan kendaraan hilang ketika melaju di jalan. Untuk mengatasi masalah ini, dealer resmi Toyota akan mengencangkan kembali mur shock absorber depan dan memeriksa apakah ada bagian yang hilang atau rusak. Pelanggan yang terkena dampak tidak akan dikenakan biaya untuk perbaikan.

Totalnya ada 36.930 unit Avanza, Veloz produksi 7 Januari 2022 sampai 4 September 2023 yang di-recall. Selain itu, ada 3.378 unit Yaris Cross produksi 29 Mei 2023 sampai 4 Agustus 2023 yang terkena dampak. Recall ini merupakan bagian dari kampanye servis khusus yang dilakukan oleh Toyota di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) juga mengumumkan recall terhadap beberapa model mobilnya, termasuk Avanza, Veloz, Vios, dan Yaris Cross. Recall ini juga berkaitan dengan masalah pengencangan mur shock absorber depan yang sama. Totalnya mencapai 169.389 unit yang di-recall akibat masalah ini.

Toyota menyarankan para pelanggan yang memiliki mobil yang terkena dampak untuk segera menghubungi dealer resmi Toyota terdekat untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Toyota juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh recall ini dan berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas dan keamanan produknya.

Referensi:

Recall Avanza-Veloz Menjalar ke Negeri Tetangga – detikoto

Toyota Recall Avanza, Veloz, dan Raize, Bagaimana di Indonesia? – Kompas.com

Negara Tetangga Sudah Duluan, Ini Alasan Toyota Indonesia Baru Melakukan Recall – Gridoto.com

Toyota Recall Avanza, Veloz, dan Raize di Indonesia Gegara Ini – detikoto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini