Spion mobil adalah salah satu komponen penting yang membantu pengemudi melihat kondisi di belakang kendaraannya. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah lahirnya spion mobil? Siapa yang pertama kali memasangnya dan untuk apa? Berikut ini adalah ulasan singkat tentang asal-usul spion mobil.

Awal Mula Spion Mobil

Spion mobil bermula dari ranah balapan, bukan dari tuntutan keselamatan berkendara di jalan raya. Pada tahun 1911, ada seorang pebalap Indianapolis 500 bernama Ray Harroun yang melengkapi mobil balapnya dengan kaca spion samping untuk melihat posisi pebalap lain di belakangnya .

Ide memasang kaca untuk melihat ke belakang sebab saat itu Ray Harroun tidak didampingi asistennya. Padahal saat itu asisten pebalap bertugas memberi arahan termasuk mobil yang mendekat. Dengan cermin itu, Ray Harroun bisa mengemudikan mobil dengan lebih nyaman termasuk mengetahui jauh dekatnya posisi mobil lawan dalam kondisi balapan. Trik yang dilakukan ternyata berbuah manis. Harroun justru memenangi kompetisi tersebut.

Paten Pertama Spion Mobil

Meskipun Ray Harroun adalah orang pertama yang memasang spion mobil, ia tidak memiliki hak paten atas penemuannya. Paten pertama untuk spion samping mobil diberikan kepada Elmer Berger pada tahun 1921. Sehingga secara hukum Berger merupakan penemu spion samping mobil.

Menariknya, saat itu Berger memasarkan atau memberitakan kaca spion bukan sebagai alat keselamatan berkendara melainkan sebagai alat "pengintai polisi". Dikarenakan disinyalir pada saat itu pengemudi mobil sering kebut-kebutan di jalan raya. Saat itu spion samping dianggap sebagai barang mewah karena bukan piranti wajib.

Perkembangan Spion Mobil

Pada awal mula 1900-1920, sebagian besar jalan raya di Amerika Serikat (AS) hanya terdiri dari dua jalur. Kebutuhan akan kaca spion sangat minim. Namun, seiring dengan meningkatnya populasi mobil dan lalu lintas, spion samping mulai diperlukan untuk alasan keselamatan. Di AS, spion samping baru diwajibkan pada 1960-an.

Dalam perkembangannya, spion samping juga mengalami variasi bentuk dan posisi. Ada yang ditempatkan di fender, samping kap mobil, atau di bagian pangkal pintu depan. Spion samping juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti lampu sein, kamera, pemanas, dan penyesuaian elektrik.

Kesimpulan

Spion mobil adalah salah satu komponen yang tidak bisa dipisahkan dari kendaraan modern. Spion mobil memiliki sejarah yang menarik, mulai dari balapan hingga pengintai polisi. Spion mobil juga mengalami perkembangan yang signifikan, baik dari segi bentuk, posisi, maupun fungsi. Spion mobil merupakan salah satu bukti dari kemajuan teknologi otomotif yang terus berkembang.

Referensi

Belajar Sejarah Dari Mana Ide Spion Mobil Muncul – Kompas.com
Sejarah Lahirnya Spion: Dari Tak Disengaja Kini Jadi Fitur Vital | kumparan.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini