Mazda CX-3 merupakan salah satu produk andalan Mazda di segmen SUV ringkas. Mobil ini pertama kali diluncurkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2017. Namun, hingga kini, Mazda CX-3 belum mendapatkan generasi terbaru atau perubahan besar-besaran pada desain dan fitur. Apa alasan di balik keputusan ini?

Menurut Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Mazda CX-3 tidak perlu melakukan major change alias perubahan besar karena mobil ini memiliki desain bodi dan wajah yang tidak membosankan. Mazda CX-3 mengusung konsep Kodo Design yang merupakan ciri khas mobil-mobil Mazda. Desain ini dianggap cantik, elegan, dan sporty oleh banyak orang.

"Di awal tahun ini kita refresh CX-3. Penyegaran itu nggak harus selalu baru (semuanya). Jadi mobil yang cantik itu nggak harus selalu melakukan major change. Karena kalau yang namanya cantik itu kan long lasting. Makanya kita hari ini hadir dengan New CX-3," ujar Ricky Thio di dealer Mazda Simprug, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Penyegaran yang dilakukan pada New Mazda CX-3 hanya berupa ubahan minor pada desain eksterior dan interior, serta penyempurnaan fitur-fitur. Salah satu improvement yang paling menonjol pada bagian eksterior terdapat pada bagian atap mobil, yang kini hadir dengan desain warna two-tone, dengan kombinasi warna hitam yang berkilau, sehingga menampilkan looks lebih sporty sekaligus elegan (khusus varian 2.0 pro).

New Mazda CX-3 juga memiliki desain velg baru, yang berbentuk seperti palang yang dipilin. Selain itu, mobil ini juga menambahkan fitur-fitur safety seperti Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, dan Smart City Brake Support.

Mazda CX-3 ternyata menjadi salah satu kontributor penting dari penjualan Mazda di Indonesia. Pada tahun 2023 lalu, Mazda CX-3 bahkan menjadi line-up dengan penjualan tertinggi di Indonesia, yang menyumbang hampir 35 persen dari keseluruhan penjualan. Angka ini lebih tinggi dari CX-5 yang hanya terjual 1.421 pada tahun lalu.

Ricky Thio berharap, New Mazda CX-3 dapat disambut dengan baik oleh masyarakat, bahkan mampu menciptakan sebuah standar baru dalam kategori segmen Compact SUV. "Kami optimis New Mazda CX-3 akan kembali menjadi tulang punggung bagi Mazda Indonesia," kata Ricky.

Mazda CX-3 ditawarkan dalam dua varian mesin yang berbeda yakni Sport 1.500 cc dan Pro 2.000 cc. Harga New Mazda CX-3 mulai dari Rp 399,9 juta untuk varian Sport dan Rp 469,9 juta untuk varian Pro.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini