Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru-baru ini terlihat menggunakan Ford Ranger Raptor, sebuah SUV double cabin yang memiliki spesifikasi dan harga yang mewah. Mobil ini nampak gagah dengan cat warna hitam yang makin menambah kesan sangar. Mobil ini juga memiliki fitur-fitur canggih yang mendukung kemampuan off-road dan kenyamanan berkendara.

Spesifikasi Ford Ranger Raptor

Ford Ranger Raptor merupakan varian tertinggi dari Ford Ranger, sebuah SUV double cabin yang diluncurkan sejak 2023 di Indonesia. Menurut laman market place, Ford Ranger Raptor lansiran 2023 dijual dengan harga Rp 1.183.500.000 (Rp 1,1 miliaran). Dengan harga yang tembus 1 miliaran, mobil ini tentu memiliki spesifikasi yang istimewa.

Ford Ranger Raptor menggunakan mesin diesel 1.996 cc yang mampu menghasilkan tenaga 210 PS pada 3.750 rpm dan torsi 500 Nm di 1.750-2.000 rpm. Tenaga ini disalurkan melalui transmisi otomatis 10-speed E-Shifter yang responsif dan efisien. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem penggerak 4×4 yang dapat diatur sesuai dengan kondisi jalan.

Salah satu fitur unggulan dari Ford Ranger Raptor adalah adanya tujuh mode berkendara serbaguna, mulai dari NORMAL untuk penggunaan sehari-hari hingga mode BAJA, yang terinspirasi dari balapan off-road paling brutal di dunia, yaitu #Baja1000. Mode BAJA ini memungkinkan mobil untuk berakselerasi dengan cepat dan stabil di medan yang berpasir, berbatu, atau berlumpur.

Selain itu, Ford Ranger Raptor juga memiliki fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan fitur Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang. Fitur E-KDSS berfungsi untuk menyesuaikan suspensi mobil secara otomatis agar tetap nyaman dan stabil di berbagai medan. Fitur Electronic Differential Lock berfungsi untuk mengunci roda yang mengalami selip agar dapat berputar dengan sama dengan roda yang lain.

Ford Ranger Raptor juga memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap, seperti Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist, 8-airbags, Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), Traction Control (TC), Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), Tire Pressure Monitor (TPM), dan Toyota Safety Sense (TSS).

Alasan AHY Memilih Ford Ranger Raptor

Meskipun belum ada pernyataan resmi dari AHY mengenai alasan memilih Ford Ranger Raptor, ada beberapa kemungkinan yang dapat disimpulkan. Pertama, AHY mungkin menyukai desain dan performa dari mobil ini, yang sesuai dengan karakternya yang dinamis dan berjiwa petualang. Kedua, AHY mungkin membutuhkan mobil yang tangguh dan handal untuk menjalankan tugas-tugasnya sebagai menteri, terutama saat mengunjungi daerah-daerah yang memiliki medan yang sulit. Ketiga, AHY mungkin ingin mendukung industri otomotif nasional, mengingat Ford Ranger Raptor diproduksi di Thailand, yang merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia di kawasan ASEAN.

Apapun alasan AHY memilih Ford Ranger Raptor, mobil ini tentu menjadi salah satu SUV double cabin yang menarik perhatian publik. Dengan spesifikasi dan harga yang mewah, mobil ini menunjukkan kelas dan gaya dari pemiliknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini