Polisi Korea Selatan (Korsel) melakukan kunjungan kerja ke Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Prototype Polres Subang, Jawa Barat, pada Senin (4/3/2024). Mereka tertarik untuk belajar prosedur pembuatan SIM di Indonesia yang menggunakan teknologi canggih.

Satpas Prototype Polres Subang merupakan salah satu satpas yang baru selesai dibangun dan memiliki peralatan teknologi yang modern. Di sini, pemohon SIM dapat melakukan registrasi secara online, membayar via transfer online, dan datang ke gedung untuk melengkapi administrasi. Proses pembuatan SIM hanya memakan waktu tiga menit. Pemohon SIM juga tidak perlu menjalani tes teori dan praktik, seperti ketika ingin mendapat SIM Nasional.

Kunjungan polisi Korsel diterima langsung oleh Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu, beserta sejumlah perwira tinggi Polres Subang. Selain itu, turut hadir juga perwira tinggi Mabes Polri, di antaranya Direktur Regident Brigjen Pol Yusri Yunus, Kasubdit SIM Kombes Heru Sutopo, Kasi Binyan Subdit SIM AKBP Faisal Andri Pratomo, beserta Paur Binyan Subdit SIM, Iptu Rifta Dimas Sulistiyo, Divhubinter Polri Kombes Agus Setiyoko, Divhubinter Polri Kompol Andika, dan Kasat Lantas Polres Subang AKP Undang Syarif Hidayatullah.

Kapolres Subang mengatakan bahwa kunjungan kerja polisi Korsel ke Satpas Polres Subang bertujuan untuk mengecek secara langsung prosedur pembuatan dan pelayanan SIM di Indonesia, khususnya di Satpas Polres Subang. "Tentunya kami di Polres Subang sangat bangga dipilih menjadi kegiatan studi banding polisi Korsel dalam hal prosedur pembuatan dan pelayanan SIM dan ini akan jadi penyemangat bagi personil kepolisian Polres Subang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Selain melihat proses pembuatan SIM di Satpas Prototype Polres Subang, polisi Korsel juga meninjau sejumlah fasilitas yang ada di Satpas Polres Subang. Mulai dari ruang pendaftaran, pemotretan, pencetakan SIM, ruangan ujian komputer SIM, hingga lapangan uji praktek pembuatan SIM.

Perwakilan polisi Korsel, Sen Supt Gen, Kim Hak Kwan, selaku Director General of NPA Public Safety and Traffic Bureau, mengaku kagum dengan fasilitas dan pelayanan pembuatan SIM di Satpas Prototype Polres Subang. Ia berharap dapat belajar banyak dari pengalaman Polri dalam mengelola pembuatan SIM yang canggih dan efisien.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini