GridOto.com – Bagi Anda yang memiliki motor matic Honda, mungkin pernah merasa harga sil sokbreker depan terlalu mahal. Apalagi jika Anda sering mengganti sil sokbreker karena bocor atau robek akibat kotoran atau kerikil halus yang menempel pada as sokbreker.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada tips hemat untuk mengganti sil sokbreker depan motor matic Honda. Anda bisa menggunakan sil sokbreker dari motor matic Suzuki yang harganya lebih murah dan ukurannya sama.

Menurut Ardy Weendra Puspa Gotama, Owner VPM Garage, sebagian besar motor matic memiliki diameter sokbreker depan yang sama, yaitu 26 mm. Misalnya, sokbreker depan Honda BeAT, Honda Vario, dan Honda Scoopy sama dengan sokbreker Suzuki Address dan Nex.

"Kalau di pasaran, sil sokbreker depan Honda Vario lengkap dengan sil debunya dijual Rp 39 ribu. Kalau diganti sepasang kanan dan kiri, harganya jadi Rp 78 ribuan. Sedangkan kalau sepaket sil sokbreker depan motor matic Suzuki ini hanya Rp 65 ribu," kata Ardy kepada GridOto.

"Kalau hanya ingin ganti sil olinya saja, Rp 45 ribu," tambahnya.

Selain lebih murah, sil sokbreker depan motor matic Suzuki ini juga diklaim lebih awet dan tahan bocor. Hal ini karena sil sokbreker depan motor matic Suzuki memiliki lapisan karet yang lebih tebal dan kuat.

"Sil sokbreker depan motor matic Suzuki ini lebih tebal dan kuat, jadi lebih tahan bocor. Kalau sil sokbreker depan motor matic Honda lebih tipis dan mudah robek," ujar Ardy.

Untuk mengganti sil sokbreker depan motor matic Honda dengan punya Suzuki, Anda tidak perlu melakukan modifikasi apa pun. Anda hanya perlu membuka sokbreker depan, mengeluarkan as sokbreker, membersihkan kotoran yang menempel, dan memasang sil sokbreker baru.

"Prosesnya sama saja, tidak ada yang beda. Cuma beda merk saja," tutur Ardy.

Jadi, jika Anda ingin hemat dan awet, Anda bisa mencoba tips ini. Namun, jika Anda ingin tetap menggunakan sil sokbreker depan original motor matic Honda, Anda juga bisa melakukannya. Yang penting, Anda rajin merawat sokbreker depan agar tidak mudah bocor atau rusak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini