Foton, merek kendaraan komersial asal China, telah resmi mengumumkan kehadirannya di pasar otomotif Indonesia melalui ajang GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024. Foton langsung meluncurkan tiga produk kendaraan komersial listrik, yaitu Foton eTruckmate, Foton eAumark, dan Foton eView .

Foton berada di bawah naungan PT Indomobil Global Transportasi, anak perusahaan Indomobil Group, sebagai distributor dan perakit kendaraan Foton untuk pasar Indonesia. Edi Napis, Chief Operation Officer PT Indomobil Global Transportasi, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa strategi bisnis untuk memperkuat posisi Foton di segmen kendaraan komersial EV.

"Kami akan segera melakukan produksi CKD atau Completely Knocked Down untuk produk-produk Foton EV di Indonesia, serta layanan purnajualnya," ujarnya di Jakarta, Kamis (7/3/2024). Edi menambahkan bahwa produksi CKD ini bertujuan untuk menurunkan biaya produksi dan meningkatkan kandungan lokal sehingga konsumen dapat menerima insentif pajak dari program pemerintah. Dengan demikian, harga yang ditawarkan bisa lebih kompetitif dan terjangkau untuk konsumen di Indonesia.

Saat ini, Foton menjual model eTruckmate dengan harga Rp 371,85 juta, eAumark dengan harga Rp 643,8 juta, dan eView dengan harga Rp 591 juta off the road . Berikut ini adalah spesifikasi singkat dari ketiga kendaraan komersial listrik Foton:

  • Foton eTruckmate: merupakan kendaraan pengangkut barang yang dapat mengangkut beban hingga 1.020 kg. Kendaraan ini dibekali motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) bertenaga 60 kW dan baterai tipe LFP dengan kapasitas 38,64 kWh. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta AC .
  • Foton eAumark: merupakan kendaraan jenis light duty truck yang memiliki motor listrik PMSM dengan tenaga 130 kW dan torsi maksimum 1.200 Nm. Truk ini juga dibekali baterai CATL LifePO4 81,14 kWh. Truk ini turut dilengkapi dengan fitur ABS, Electric Parking Brake (EPB), Cab Tilt Unlock Warning, MP3, dan lain-lain.
  • Foton eView: merupakan mobil pengangkut yang dapat menampung penumpang di kabin hingga 16 orang. Kendaraan ini memiliki panjang 5.320 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 2.280 mm. Kendaraan ini dilengkapi motor listrik PMSM dengan tenaga 85 kW dan torsi puncak 290 Nm serta baterai CATL Lithium Iron Phosphate berkapasitas 50,23 kWh. Kendaraan ini dapat menempuh jarak hingga 235 km berdasarkan uji NEDC dan 195 km menurut WLTC. Kendaraan ini juga memiliki bentuk yang sepintas mirip dengan Toyota Hiace.

Foton merupakan salah satu merek kendaraan komersial terbesar di China yang secara aktif merespons tren global pembangunan ramah lingkungan dan rendah karbon dengan menguasai lima teknologi inti, yaitu sistem integrasi kendaraan, penggerak listrik, pengendali elektronik, baterai, dan teknologi hidrogen. Foton berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri otomotif Indonesia, khususnya di segmen kendaraan komersial listrik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini