Suzuki Indonesia tidak main-main dalam menangani isu "goreng-gorengan" harga yang dilakukan oleh sebagian sales terhadap produk terbarunya, Jimny 5 pintu. Mobil yang menjadi primadona di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 ini ternyata menjadi sasaran praktik tidak etis oleh oknum-oknum yang ingin meraup keuntungan lebih besar.

Jimny 5 pintu resmi diluncurkan oleh Suzuki dengan harga Rp 462 juta sampai Rp 478,6 juta. Namun, di lapangan, ada sales yang menaikkan harga hingga Rp 50 juta lebih tinggi dari harga resmi, dengan alasan keterbatasan pasokan dan tingginya permintaan. Bahkan, ada yang menjanjikan pengiriman unit lebih cepat bagi yang mau membayar lebih.

Hal ini tentu saja merugikan konsumen dan mencoreng citra Suzuki sebagai produsen mobil yang profesional dan berkualitas. Oleh karena itu, Suzuki Indonesia mengambil langkah tegas untuk menindak sales-sales yang nakal tersebut. Dony Ismi Saputra, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bahwa Suzuki akan memecat sales yang masih melakukan "goreng-gorengan" harga Jimny 5 pintu.

"Sikat, dilernya dari mana pecat saja," ujar Dony saat ditemui di Giicomvec 2024, di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (7/3/2024). Dony juga mengimbau calon konsumen untuk melaporkan sales-sales yang nakal ke Suzuki melalui layanan Halo Suzuki. "Laporkan saja. Kami ada namanya Halo Suzuki, bisa dikontek 24 jam tidak hanya berkaitan dengan Jimny, masalah apa pun terkait dengan produk kami, pelayanan kami konsumen bisa komplain," ujarnya.

Dony menegaskan bahwa harga resmi Jimny 5 pintu adalah harga yang diumumkan Suzuki di IIMS 2024. "Terkait goreng-gorengan Jimny, harga yang resmi adalah harga yang kami umumkan di IIMS, titik. Kedua, kalau ada oknum yang seperti itu sekarang sedang kami tindak lanjuti," katanya. Dony berharap agar konsumen tidak tergiur dengan janji-janji palsu dari sales-sales yang tidak bertanggung jawab.

Jimny 5 pintu merupakan produk andalan Suzuki di segmen mobil off-road. Mobil ini memiliki desain yang klasik dan ikonik, serta fitur-fitur yang modern dan canggih. Jimny 5 pintu juga mendapatkan banyak penghargaan di ajang IIMS 2024, antara lain Best of The Best Car, Best Small SUV, Best 4×4, dan Best Design. Jimny 5 pintu juga mendapat sambutan positif dari konsumen, dengan jumlah pemesanan yang mencapai lebih dari 1.200 unit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini