Menjelang libur Lebaran 2024, PT Jasa Marga (Persero) memberikan peringatan bagi para pemudik untuk menghindari tanggal-tanggal tertentu agar tidak terjebak dalam kemacetan yang berkepanjangan. Berdasarkan prediksi dan analisis lalu lintas, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-4 Lebaran, yaitu pada Sabtu, 6 April 2024.

Pada puncak arus mudik, jumlah kendaraan yang keluar dari Jakarta diperkirakan mencapai 259 ribu unit, meningkat hingga 66,8% dari hari biasa. Distribusi lalu lintas terbanyak adalah menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) sebesar 58,4%, diikuti oleh arah Barat (Merak) sebesar 22,9%, dan Selatan (Puncak) sebesar 18,8%.

Untuk menghindari waktu-waktu tersebut, disarankan bagi para pemudik untuk merencanakan perjalanan lebih awal atau setelah puncak arus mudik. PT Jasa Marga juga telah menyiapkan strategi rekayasa lalu lintas seperti penerapan ganjil genap dan jalur satu arah untuk mengurangi risiko kemacetan.

Dengan perencanaan yang matang dan informasi yang akurat, diharapkan para pemudik dapat menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman dengan nyaman dan aman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini