PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) akan mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) mulai dari Colomadu – Ngawen (Klaten). Jalur ini dibuka lebih panjang hingga 22 km dan dioperasikan saat periode arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Dengan jalur fungsional ini, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik Lampu APILL (Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas) serta waktu perjalanan dari Akses/Gerbang Tol (GT) Colomadu menuju Klaten hanya 25 menit. Ini merupakan peningkatan signifikan dibandingkan dengan jalan nasional yang membutuhkan waktu sekitar 50 menit.

Jalur fungsional ini memiliki perkerasan kaku/rigid pavement yang aman untuk dilewati. PT JMJ memprediksi volume lalu lintas yang akan melewati jalur fungsional ini mencapai 1.000 kendaraan/jam. Dengan jalur yang lebih panjang, diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat sebagai jalur alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan Nasional dapat diakses melalui akses GT Banyudono dan dari GT Colomadu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini