Kebijakan sistem satu arah atau one way di arus balik libur Lebaran 2024 telah dimulai. One way diterapkan dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cipali. Kepala Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan dan Menhub Budi Karya secara resmi membuka one way tersebut.

Dengan pengawalan petugas, kendaraan dari Tol Kalikangkung mulai berjalan mengarah ke Jakarta tanpa hambatan. Sebagai langkah persiapan, Polisi juga telah melakukan sterilisasi jalur tol dari barat ke timur sebelum one way arus balik dimulai.

Sterilisasi kendaraan dilakukan sejak pukul 13.00 WIB. One way dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB start dari Kalikangkung. Selain sistem one way, Korlantas juga akan menerapkan sistem contra flow hingga Km 47.

Pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap juga akan diberlakukan. Guna mengatur kecepatan kendaraan dalam batas aman saat contra flow, petugas juga akan melaksanakan patroli sepanjang jalur dengan interval 30 menit.

Pembatas dan water barier pemisah jalur juga akan diperbanyak untuk menjaga keamanan dan keselamatan kendaraan di jalur contra flow. Masyarakat dihimbau untuk tidak berhenti di bahu jalan saat beristirahat, namun memanfaatkan rest area dan pos polisi yang tersebar di sepanjang jalur baik tol maupun arteri.

Faktor kelelahan juga berpotensi meningkatkan potensi pemudik mudah temperamental di jalan. Untuk itu, masyarakat diminta agar menjaga toleransi dan saling menghormati pemakai jalan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini