Penggunaan kendaraan elektrifikasi semakin berkembang, dari jenis hybrid hingga full listrik. Selain mengejar efisiensi bahan bakar, tujuan lainnya adalah menekan polusi udara. Namun, selain faktor performa mesin, busi juga memainkan peran penting dalam menjaga performa kendaraan dan mengurangi emisi gas buang.

Peran Busi dalam Pembakaran

Busi memiliki peran krusial dalam sistem pembakaran kendaraan. Ketika bahan bakar tercampur dengan udara di ruang bakar, busi memercikkan api yang menghasilkan pembakaran. Semakin sempurna pembakaran, performa kendaraan akan semakin baik, termasuk konsumsi bahan bakar yang optimal.

Kualitas Busi dan Emisi Gas Buang

Menurut Diko Diko Oktaviano, Aftermarket Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia (NMI), kualitas bahan bakar yang baik, udara yang cukup, dan busi yang berkualitas berkontribusi pada pembakaran yang sempurna. Dengan demikian, emisi gas buang dapat ditekan.

Jenis busi Iridium menjadi rekomendasi karena kualitasnya yang baik dan umur pemakaian yang lebih awet. Busi Iridium memiliki masa pergantian lebih panjang dibandingkan jenis nikel. Bahkan, busi Iridium Laser dapat bertahan dua hingga tiga kali lipat lebih lama.

Kesimpulan

Dalam menjaga performa kendaraan dan mengurangi polusi udara, peran busi tidak boleh diabaikan. Dengan memilih busi berkualitas, kita dapat berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan kendaraan yang lebih efisien.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini