!Mobil derek Dinas Perhubungan

Pasti kita sudah tidak asing dengan istilah mobil derek. Mobil derek akan membantu mobil yang mogok agar dapat dipindahkan ke bengkel atau ke tempat lain yang diinginkan. Pada umumnya, jasa mobil derek ini dikenakan biaya. Namun di jalan tol, ada layanan mobil derek gratis untuk mobil yang mogok, tapi dengan syarat tertentu. Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja jenis-jenis mobil derek yang biasa digunakan, lengkap dengan tarif jasa, dan tips buat Anda ketika menghadapi mobil yang mogok di jalan tol.

Jenis-jenis Mobil Derek

Berikut ini adalah beberapa jenis mobil derek yang biasa digunakan:

  1. Mobil Boom: Mobil boom berwujud kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan crane atau boom, yaitu alat untuk menarik atau menderek mobil. Mobil ini biasa digunakan untuk menderek mobil yang mengalami kecelakaan berat, seperti masuk ke jurang, sungai, maupun terbalik di jalan.
  2. Pengait dan Rantai: Ada mobil derek yang menggunakan pengait dan rantai. Bagian depan mobil mogok akan dikaitkan dengan mobil derek sehingga mobil mogok bisa ditarik meski mesin mati. Namun jika menggunakan jasa mobil derek ini, mobil mogok harus tetap dikemudikan untuk memudahkan proses penderekan.
  3. Angkat Roda: Mobil derek yang satu ini sering dipakai oleh Dinas Perhubungan untuk menderek mobil yang parkir sembarangan. Cara mengangkut mobil tersebut adalah dengan mengangkat dua rodanya, bisa roda depan maupun belakang. Jika yang diangkat roda bagian depan, maka roda belakang akan tetap berada di tanah sehingga mobil bisa diangkut mobil derek tanpa perlu dikemudikan sopir.
  4. Mobil Towing atau Derek Gendong: Towing dalam bahasa Indonesia juga berarti derek. Namun sebutan mobil towing biasa digunakan untuk truk yang dapat ditumpangi mobil lain, makanya disebut derek gendong. Seluruh bagian mobil yang mogok akan naik ke bak truk, sehingga lebih aman. Namun proses menaikkan mobil ke truk agak membutuhkan waktu dan berisiko tergores. Mobil towing juga digunakan untuk mengangkut mobil dari pabrik ke showroom atau dari showroom ke rumah pembeli.
  5. Mobil Derek Hidrolik: Terakhir, ada mobil derek hidrolik yang mirip dengan derek gendong. Mobil ini menggunakan sistem hidrolik untuk mengangkat mobil yang mogok. Kelebihannya adalah prosesnya lebih cepat dan lebih aman.

Tarif Jasa Mobil Derek di Jalan Tol

Berikut adalah beberapa tarif jasa mobil derek di beberapa ruas tol:

  • Ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Cikampek, JLJ, Tangerang:

    • Golongan I (kendaraan sedan, jip, pikap, truk kecil, dan bus sedang): tarif awal Rp 145.000 dan tarif per kilometer Rp 10.000.
    • Golongan II (bus besar, truk sedang, dan bus besar): tarif awal Rp 180.000 dan tarif per kilometer Rp 12.500.
  • Ruas Tol Purbaleunyi:

    • Kendaraan golongan I: tarif awal Rp 100.000 dan tambahan Rp 8.000 per kilometer.
    • Kendaraan lain selain golongan I: tarif awal Rp 135.000 dan tambahan Rp 10.000 per kilometer.

Pastikan Anda selalu waspada ketika membutuhkan jasa mobil derek. Bila mobil Anda mogok di jalan tol, hubungi mobil derek resmi dan pastikan prosesnya berjalan dengan aman dan sesuai peraturan. Semoga informasi ini bermanfaat! 😊

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini