Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini memberikan update terkini mengenai insentif mobil hybrid di Indonesia. Menurutnya, sejumlah Kementerian terkait sedang menjalin komunikasi untuk mematangkan kebijakan tersebut. Sebagai catatan, beberapa pabrikan berharap adanya insentif untuk mobil hybrid agar dapat menarik minat pembeli.

Meskipun demikian, Jokowi memastikan bahwa pemerintah pusat sedang menggodok rencana insentif ini. Beliau menyatakan, "Insentif mobil hybrid masih dibicarakan dengan Menteri Ekonomi dan Menteri Perindustrian." Namun, hingga saat ini, aturan terkait insentif mobil hybrid belum juga diterbitkan. Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, juga membenarkan bahwa pemerintah tengah mengkaji aturan terkait insentif ini. Besaran PPN DTP (pajak pertambahan nilai ditanggung pemerintah) untuk mobil hybrid rencananya akan sama dengan besaran insentif yang diberikan untuk mobil listrik. Namun, belum ada kepastian mengenai kapan aturan ini akan diberlakukan .

Semua pihak menantikan keputusan resmi dari pemerintah terkait insentif mobil hybrid ini. Semoga kebijakan ini dapat mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan dan memberikan manfaat bagi masyarakat serta industri otomotif di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini