Salah satu hal yang penting bagi pemilik mobil adalah memastikan level serta suhu air radiator. Jika air radiator kurang, pemiliknya perlu menambahkannya dan juga penting untuk memeriksa apakah ada kebocoran atau tidak. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengecek kebocoran pada air radiator mobil:

  1. Periksa Titik Rawan Bocor
    Kebocoran air radiator biasanya terjadi pada titik-titik rawan, seperti:

    • Water pump: Periksa apakah ada tanda-tanda kebocoran di area water pump.
    • Sambungan selang: Periksa sambungan selang radiator apakah ada kebocoran.
    • Radiator: Perhatikan apakah ada jejak kerak berwarna merah atau hijau di dinding blok mesin, ujung-ujung selang radiator, atau area radiator mulai dari cover hingga kisi-kisinya.
  2. Pemeriksaan Visual

    • Periksa secara visual apakah ada tanda-tanda kebocoran pada air radiator yang berwarna merah atau hijau, sesuai dengan warna air radiator.
    • Jika terjadi kebocoran, akan terlihat jejak berupa kerak berwarna merah atau hijau.
  3. Pengecekan Lebih Mendalam

    • Jika ingin pengecekan yang lebih profesional dan jelas, sebaiknya mobil dibawa ke bengkel agar bisa diperiksa lebih mendalam.

Ingat, cara ini memang sederhana tapi sangat berguna bagi pemilik mobil yang ingin mengecek sendiri apakah ada kebocoran atau tidak pada air radiator. Jika ada kekhawatiran lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik atau bengkel terpercaya. Semoga informasi ini membantu! 😊

Cara Mengecek Kebocoran pada Air Radiator Mobil – Kompas.com
Cara Mengecek Air Radiator Mobil

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini