Sebelum membeli ban motor baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara penyimpanan di toko. Dodiyanto, selaku Senior Brand Executive & Product Development PT. Gajah Tunggal Tbk sebagai produsen ban IRC dan Zeneos di Indonesia, memberikan beberapa saran mengenai cara penyimpanan ban yang benar. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan:

  1. Hindari Sinar Matahari Langsung: Jangan memilih ban motor yang posisi penyimpanannya terus terkena sinar Matahari langsung. Paparan sinar Matahari dapat membuat karet ban menjadi keras dan mengurangi daya cengkram ban ke aspal.

  2. Jangan Ditumpuk dan Bersentuhan Langsung dengan Lantai: Sebaiknya pilih ban yang disimpan dan disusun menggunakan rak khusus, sehingga tidak tumpang tindih. Hindari memilih ban yang disimpan dengan cara ditumpuk dan bersentuhan langsung dengan lantai.

  3. Terhindar dari Cairan: Pastikan ban baru saat disimpan juga terhindar dari berbagai cairan seperti air hujan, oli, atau cairan lainnya.

  4. Jauhkan dari Komponen Listrik dan Kompresor: Ban motor baru sebaiknya dijauhkan dari komponen listrik, kompresor, dan sejenisnya. Kontak dengan komponen ini dapat menyebabkan ozone crack, yaitu munculnya retakan pada dinding ban akibat proses kimia pada karet ban yang terkena lembab dan panas secara bersamaan .

Dengan memperhatikan cara penyimpanan yang benar, Anda dapat memastikan ban motor yang Anda beli memiliki kondisi dan kinerja optimal ketika digunakan. Semoga informasi ini membantu Anda dalam memilih ban motor yang tepat! 🏍️🔧 .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini