Begini Cara Meminimalisir Terjadinya Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matic

Begini Cara Meminimalisir Terjadinya Kerusakan Pada Transmisi Mobil Matic

1193
0
BERBAGI

Mobil matic memang mempunyai keunggulan bila dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Keunggulan tersebut seperti mudah dalam pengoperasian serta tidak membuat kaki cepat pegal. Meskipun begitu mobil matic juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah sistem transmisi yang rentan mengalami kerusakan.

Nah, bila transmisi mobil matic mengalami kerusakan maka biaya yang harus dikeluarkan juga tidaklah sedikit. Oleh karena itulah para pemilik mobil matic harus rajin melakukan perawatan terhadap kendaraannya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir timbulnya kerusakan pada sistem transmisi mobil matic. Apa sajakah cara tersebut?

1. Lakukan Servis Berkala

Untuk kendaraan matic bisa melakukan servis berkala pada 10.000 km per enam bulan atau disesuaikan dengan ketentuan dari masing-masing pabrikan.

2. Mengganti Oli Transmisi

Pastikan anda selalu mengganti oli transmisi secara teratur dan berlanjut setiap 25.000 km, maksimal pada 50.000 km. Selain itu, selalu gunakan oli transmisi yang dianjurkan oleh pabrikan.

3. Lakukan Pengecekan Pada Valve dan Oli Transmisi

Anda bisa melakukan deteksi dini pada valve dan juga oli transmisi, biasanya kerusakan atau kebocoran terdapat pada gasket transmisi.

4. Pengecekan Kinerja Transmisi

Untuk mengecek kinerja transmisi apakah masih bagus atau tidak bisa anda lakukan sendiri. Caranya juga mudah, posisikan tuas transmisi pada posisi drive atau reverse, setelah itu rem lalu lepas. Apabila mobil langsung bergerak, itu berarti kinerja transmisi mobil anda masih bagus.

Itu dia beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada sistem transmisi mobil matic. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Mengenai : Begini Cara Merawat Power Steering Mobil Agar Bisa Lebih Awet

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY