Gibran Rakabuming Raka, salah satu calon wakil presiden di Pemilu 2024, menarik perhatian publik saat mengendarai motor listrik saat kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (10/2/2024). Motor listrik yang dipakai Gibran dan istrinya, Selvi Ananda, ternyata memiliki harga murah dan bebas pajak. Motor listrik tersebut adalah NEU Green, produksi lokal dari VMove, pabrikan yang berbasis di Gresik, Jawa Timur.

Harga dan Pajak

Menurut Indra Novint Noviansyah, Marketing Director NEU Green, Gibran memesan motor listrik tersebut secara langsung untuk keperluan kampanye. Gibran memilih warna biru toska dari beberapa pilihan warna yang tersedia. Harga motor listrik NEU Green adalah Rp 70 juta, tetapi harus inden beberapa waktu karena gelombang pertama sudah habis terjual.

Yang mengejutkan, motor listrik NEU Green tidak dikenakan pajak sama sekali. Berdasarkan pengecekan dari website samsat-pkb2.jakarta.go.id, motor listrik dengan nomor polisi B 3907 PWD itu tercatat sebagai milik PT Mobil Elektrik Nasional dan tidak terkena pajak. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi pengguna motor listrik, yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar pajak kendaraan.

Spesifikasi

Motor listrik NEU Green memiliki desain yang sporty dan gagah, dengan inspirasi dari motor sport klasik khas Italia, seperti Ducati Panigale V4R. Motor listrik ini menggunakan baterai LFP dari Gotion dengan kapasitas 70v 60Ah, yang diklaim mampu menempuh jarak 150 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh. Baterai tersebut dikawinkan dengan dinamo hub-drive berkekuatan 5 Kilowatt, yang mampu menghasilkan kecepatan maksimal 150 kpj.

Motor listrik NEU Green juga dilengkapi dengan fitur-fitur modern, seperti lampu LED, panel instrumen digital, sistem pengereman ABS, dan sistem keyless start. Motor listrik ini juga memiliki berat yang ringan, hanya 120 kg, sehingga mudah dikendalikan.

Dukungan untuk Produk Lokal

Dengan menggunakan motor listrik NEU Green, Gibran menunjukkan dukungannya terhadap produk lokal yang ramah lingkungan. Gibran mengaku bangga dengan karya anak bangsa yang mampu membuat produk sekeren motor listrik NEU Green. Gibran berharap, motor listrik ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara dan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Motor listrik NEU Green merupakan salah satu dari banyak motor listrik lokal yang hadir di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, yang menunjukkan perkembangan industri otomotif nasional di sektor kendaraan listrik. Motor listrik ini juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk duta besar Korea Selatan yang mengunjungi stan NEU Green di IIMS 2024.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini