Penjualan mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) di pasar dalam negeri mengalami penurunan yang cukup signifikan pada Januari 2024. Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan LCGC anjlok 18,7 persen dari 20.701 unit pada Januari 2023 menjadi 16.836 unit pada Januari 2024.

Penurunan ini sejalan dengan kondisi pasar mobil nasional yang juga turun 26,1 persen karena memasuki tahun politik. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti menurunnya daya beli masyarakat, ketidakpastian ekonomi, dan persaingan ketat antara calon presiden dan wakil presiden.

Meski demikian, LCGC masih menjadi jenis kendaraan roda empat paling diminati masyarakat Indonesia. Terbukti total market share- nya terhadap penjualan mobil nasional tetap di level 24,1 persen. LCGC menawarkan harga yang terjangkau, konsumsi bahan bakar yang irit, dan desain yang menarik bagi konsumen kelas menengah ke bawah.

Gejolak penjualan LCGC juga tidak banyak merubah peta pesaingan di segmen ini. Tercatat, hanya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla saja yang mengalami pergeseran peringkat karena pemindahan fokusan distribusi. Dengan kata lain, Daihatsu Sigra masih memimpin pasar melalui torehan 5.659 unit, diikuti Honda Brio Satya dengan 4.592 unit, dan Toyota Calya dengan 3.329 unit.

Namun, menariknya pada awal Februari 2024, pihak Honda Indonesia menambah fitur terhadap Brio Satya berupa layar touch screen, serupa milik Brio RS. Tapi tentu saja, fitur yang tersedia sedikit beda. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing Brio Satya di pasar LCGC.

Sementara itu, produsen mobil lain juga tidak tinggal diam. Mereka berusaha untuk mengembangkan produk-produk baru yang dapat menarik minat konsumen. Salah satunya adalah Wuling Binguo, mobil listrik pertama yang masuk ke segmen LCGC. Wuling Binguo berhasil menjadi mobil listrik terlaris di Indonesia pada Januari 2024 dengan penjualan 1.234 unit.

Dengan adanya perkembangan dan inovasi di segmen LCGC, pasar mobil murah di Indonesia diharapkan dapat terus tumbuh dan berkembang. Meski di tengah tahun politik, LCGC masih menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia yang mencari kendaraan roda empat yang hemat dan praktis.

Rapor Penjualan LCGC Januari 2024, Anjlok 18,7 Persen – Kompas.com
Rapor Penjualan LCGC Februari 2023 Anjlok 21 Persen – Kompas.com
Wuling Binguo Jadi Mobil Listrik Terlaris Indonesia Januari 2024 – Kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini